9 Cara Ampuh Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda dari Kerusakan

Catatan Sistel - Dewasa ini, hampir semua perangkat gadget mengadopsi layar sentuh atau touch screen untuk memudahkan melakukan navigasi pada perangkat tersebut. Layar sentuh sendiri merupakan komponen utama bagi suatu perangkat gadget. Bagaimana tidak, semua aktivitas yang akan Anda lakukan tentunya juga melalui layar sentuh tersebut seperti melihat pesan atau chat, browsing, bermain game, berfoto atau sekedar merekam video, dan masih banyak lagi. Hal tersebutlah yang harus menjadi perhatian khusus bagi pengguna smartphone yang aktif menggunakan perangkatnya pada setiap hari agar terhindara dari kerusakan.

Walaupun sudah banyak jenis pelindung layar yang telah didesain oleh produsen smartphone untuk melindungi layar Anda dari goresan kecil dan besar, atau agar terhindar dari bekas jejak jari dan ketahanan untuk berada didalam air. Nampaknya perawatan khusus pada layar smartphone Anda harus tetap di perhatikan karena perlindungan yang sudah ada tersebut belum sepenuhnya dapat melindungi layar sentuh perangkat smartphone dari kerusakan yang disebabkan oleh perilaku penggunanya sendiri.

Namun pengetahuan yang kurang dan kesalahan dalam melakukan perawatan pada layar sentuh perangkat smartphone juga dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Berikut kami berikan informasi mengenai 9 Cara Ampuh Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda dari Kerusakan.

1. Jangan melakukan pengoperasian layar smartphone menggunakan kuku
    Perawatan kuku pada tangan Anda harus benar-benar diperhatikan. Karena mengoperasikan layar smartphone menggunakan kuku yang di lakukan terus menerus dapat menimbulkan goresan pada layar sentuh. Memang kebiasaan dari kita menggunakan kuku untuk mengoperasikan layar sentuh merupakan hal yang tidak terlalu memberikan efek besar. Namun dengan tidak menggunakan kuku pada layar smartphone Anda dalam pengoperasiannya, maka akan menjaganya tetap awet dan tahan lama. Gunakanlah sentuhan jari dalam pengoperasiannya, apa lagi dengan banyaknya produk smartphone yang dilengkapi layar dengan sensitivitas tinggi dapat mempermudah Anda dalam melakukan sentuhan kecil pada layar.

2. Jangan sembarangan menggunakan benda untuk pengoperasian layar smartphone
    Layar sentuh pada perangkat smartphone memang dapat juga dioperasikan dengan benda tertentu, seperti Pen Stylus. Namun jangan sembarangan mencoba benda lain yang Anda gunakan sebagai pengganti Pen Stylus tersebut, hal tersebut akan menjadi fatal apabila Anda anda ceroboh dalam menggunakan benda lain, apa lagi benda yang Anda gunakan merupakan benda tajam. Sebaiknya Anda gunakan Pen Stylus yang memang  digunakan untuk mengeporesikan layar sentuh pada smartphone.

3. Jangan meletakkan smartphone di saku kantong
    Hal ini yang sering dianggap remeh oleh banyak orang, kebanyakan pengguna meletakkan perangkat smartphone mereka pada saku celana, apabila celana yang digunakannya adalah celana ketat, itu akan membuat layar smartphone semakin tertekan dan terjepit, hal ini akan membuat layar dan bahkan body ponsel menjadi remuk, dan lagi apabila celana yang digunakan merupakan selana berbahan jean's, hal tersebut dapat meninmbulkan goresan-goresan pada layar smartphone. Sediakanlah tempat khusus untuk smartphone Anda, dan jangan letakkan smartphone bersamaan dengan benda-benda keras seperti kunsi mobil/motor, pematik, dan lain-lain.

4. Hindari kontak langsung antara layar dengan paparan panas sinar matahari terlalu lama
    Sebaiknya hindari layar sentuh smarphone dari paparan panas sinar matahari terlalu lama, karena panas sinar matahari dapat merusak komponen-komponen pada layar yang dapat menurunkan kualitas smartphone. Jika memang terpaksa menggunakan smartphone di luar ruangan, Anda bisa menutupi layar dari panas sinar matahari dengan telapak tangan Anda atau benda yang lain.

5. Gunakan lapisan anti gores pada layar
    Walaupun terdapat beberapa layar smartphone pada saat ini yang sudah mengusung teknologi Corning Gorilla Glass, penggunaan lapisan anti gores pada layar tentunya tetap menjadi hal utama dalam upaya perlindungan layar ponsel khususnya pada smartphone kelas rendah yang belum mengusung teknologi perlindungan pada layar. Akan tetapi jangan sembarangan memasang lapisan anti gores pada layar ponsel Anda, gunakanlah lapisan anti gores bening yang tidak mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan layar.

6. Perhatikan kebersihan telapak tangan Anda
    Ini juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Menyentuh layar sentuh dalam keadaan tangan kotor atau berminyak merupakan tindakan yang tidak baik. Pernahkah Anda berada pada situasi dimana sedang makan tiba-tiba ponsel berdering kemudia dengan spontan Anda langsung memegang layar Anda, bisa di bayangkan betapa kotornya layar kita penuh akan nasi dan minyak dari makanan, anti gores yang digunakan pada layar tidak akan sanggup menahan resapan minyak sehingga minyak akan masuk kedalam layar.

7. Jauhkan dari jangkauan medan magnet dan radiasi
    Banyak orang yang tidak mengetahui akan hal ini. Pengaruh medan magnet terhadap ponsel kita yaitu dapat mengurangi sensivitas sentuhan pada layar sentuh perangkat smartphone sehingga dapat menimbulkan layar susah untuk dioperasikan dengan sentuhan. Sebaiknya jauhkan perangkat smartphone Anda dari jangkauan medan magnet dan radiasi, dengan tidak meletakkan ponsel berdekat dengan TV, Speaker Active, diatas laptop, dan perangkat yang mengandung radiasi lainnya.

8. Lakukanlah perawatan layar sentuh secara rutin
    Perawatan layar sentuh dapat dilakukan dengan selalu menyipakan kain atau tissue yang memiliki teksture halus dan bersih tujuannya agar dapat membersihkan layar smartphone ketika layar terkena minyak, debu, atau keringat saat melakukan panggilan.

9. Berikan cover ponsel untuk melindungi ponsel ketika jatuh
    Hal terakhir adalah memberikan perlidungan terhadapat layar sekaligus body ponsel dengan memberikan kondom ponsel yang tersedia di pasaran sesuai dengan tipe masing-masing ponsel untuk melindungi ponsel ketika terjatuh, sehingga dapat meminimalisir terjasinya kerusakan pada layar ponsel ketika terjatuh.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tidak ada salahnya jika kita terus berhati-hati dan mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Sekian triks dan tips 9 Cara Ampuh Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda dari Kerusakan. Semoga info tersebut dapat memberi wawasan kapada Anda dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Janis-jenis teknologi perlindungan pada layar smartphone

Post a Comment

0 Comments