Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot - Perkembangan dunia teknologi gadget saat ini semakin membeludak saja. Sistem operasi Adroid yang saat ini merupakan sistem operasi smartphone yang paling banyak peminatnya terus meningkatkan dan menyempurnakan kinerjanya. Bahkan vendor - vendor besar di seluruh dunia saat ini banyak yang menggunakan sistem operasi buatan Google tersebut. Namun bukan berarti semua smartphone akan terlepas dari masalah lemot, bahkan sistem operasi Android juga akan mengalami masalah tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi smartphone yang mulai lemot ? untuk itu berikut silahkan Anda simak informasinya dibawah ini yang kami berikan untuk megatasi smartphone Anda yang mulai lemot.

Sebelumnya saya akan menjelaskan gambaran tentang bagaimana kinerja smartphone bisa menjadi lemot. Seluruh smartphone tentunya memiliki sebuah RAM (Random Acces Memori), sebuah RAM berfungsi sebagai ruang penampungan data sementara saat sebuah aplikasi dijalankan, ketika Anda menjalankan sebuah aplikasi di smartphone Anda saat itu juga aplikasi tersebut menggunakan ruang kapasitas RAM untuk berjalan sebesar yang dia butuh, biasanya semakin bagus suatu aplikasi maka semakin besar pula kapasitas RAM yang dibutuhkan. Untuk itu untuk mengatasi smartphone yang lemot hal yang perlu diperhatikan adalah ruang kapasitas RAM yang tersisa.Selain itu Anda juga perlu memperhatikan kinerja prosesor yang ada pada smartphone Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot


Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot


1. Periksa kapasitas memori yang terpakai
Terkadang pengguna smartphone tidak mempedulikan akan kapasitas memori yang sudah terpakai, karena keasikan menyimpan berbagai file yang dimiliki dari kegiatan foto - foto atau pun dari aplikasi yang di download pengguna smartphone sering lupa untuk mengecek kapasitas memori yang tesisa. Nah jika kapasitas memori sudah hampir penuh, biasanya akan menimbulkan  kinerja smartphone menurun atau lemot, sedangkan agar sebuah smartphone bisa berjalan dengan lancar paling tidak kapasitas suatu memori harus tersisa sekitar 20% dari total kapasitas keseluruhan. Semisal jika smartphone Anda memiliki kapasitas memori sebesar 8 GB, maka Anda harus menyisakan ruang kosong sebesar 1 GB. Namun jika memori pada smartphone Anda sudah penuh namun Anda bingung untuk mengkosongkannya kami sarankan untuk
  • Meng-unisntal apikasi - aplikasi yang sudah dipakai lagi
  • Membersihkan cache dan menghapus junk file 
  • Jangan menggunakan aplikasi pembesih cahe dan junk file karena hal tersebut akan menambah kapasitas memori yang terpakai, hapuslah cache dan junk file secara manual.
  • Pindahkan file - file berukuran besar ke storage device atau memori ekternal di flashdisk ataupun PC/komputer Anda. Anda juga bisa menggunakan layanan could gratis seperti Dropbox ataupun Google Drive untuk memback up file Anda
2. Jangan menggunakan banyak widget secara belebihan pada home screen
Memberi atau menambahkan widget pada home screen memang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menuju ke aplikasi yang akan digunakan, namun penambahan widget yang tidak tepat atau berlebihan akan membuat smartphone Anda semakin menurun kinerjanya. Gunakanlah widget yang bermanfaat saja atau aplikasi yang sering digunakan paling tidak sebanyak 3 buah.

3. Jangan gunakan aplikasi launcher
Tujuan dalam memasang aplikasi Launcher memang akan membuat kostimasi pada smartphone akan lebih bagus dan lebih cantik karena tampilannya dapat diubah - ubah sesuai keinginan penggunanya. Namun ketidak sesuaian Animation Setting yang terdapat pada aplikasi launcher terhadap smartphone akan memakan banyak daya dan ruang memori smartphone sehingga smartphone menjadi lemot, untuk itu gunakan saja tampilan dari settingan dasar yang terdapat pada smartphone, selain tidak menguras daya baterai juga smartphone akan tetap lancar walaupun telah lama digunakan.

4. Periksa kapasitas RAM yang tersedia dan jangan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan serta menutup aplikasi yang tidak sedang terpakai
Setelah Anda menginstal dan menjalankan beberapa aplikasi coba periksa kapasitas RAM yang tersedia, ingat bahwa kapasitas RAM yang tersedia mempengaruhi tingkat kinerja smartphone. Mungkin hal ini tidak perlu di khawatirkan bagi Anda yang memiliki kapasitas RAM besar pada smartphone Anda. Namun perlu diingat tetap periksa selalu kapasitas RAM yang tersisa, jika dirasa sudah hampir penuh sebaiknya Anda menutup beberapa aplikasi yang tidak sedang digunakan atau tidak terlalu penting agar kinerja smartphone tetap lancar.

5. Jangan menggunakan Live Wallpaper
Sering kali pengguna smartphone mengotak - atik tampilan smartphonenya hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan, namun jika Anda menggunakan Live Wallpaper pada smartphone Anda bisa berdapak buruk bagi smartphone Anda yang memiliki kapasitas RAM yang kecil. Penggunaan Live Wallpaper akan membuat loading smartphone semakin berat juga akan memakan daya baterai. Untuk itu sebaiknya Anda jangan menggunakan Live Wallpaper, gunakanlah gambar sederhana untuk Wallpaper Anda agar kecepatan loading tetap stabil dan cepat.

6. Jangan menggunakan auto rotate dan Auto brightness
Auto rotate memang berjuan untuk memudahkan Anda mendapatkan tampilan posisi gambar sesuai keinginan dalam bentuk landscape ataupun potrat. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan aotu rotate akan membuat loading smartphone menjadi lemot, jika fitur auto rotate ini tidak terlalu sering digunakan sebaiknya Anda nonaktifkan saja dan Anda bisa nyalakan jika memang diperlukan. Hal ini sama halnya dengan fitur auto brightness, fitur yang satu ini juga bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tampilan grafis dengan tingkat kecerahan sesuai kondisi pencahayaan disekitar, namun Anda bisa menonaktifkan jika tidak terlalu sering digunakan.

7. Jangan menumpuk SMS
Hal ini juga sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Sebuah SMS atau pesan singkat yang ada pada pesan masuk atau pesan keluar juga akan memakan ruang kapasitas memori Anda, jika dibiarkan terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja smartphone. Untuk itu sebaiknya Anda menghapus SMS yang sudah tidak penting lagi.

8. Me-restart smartphone
Jika pada langkah - langkah di atas dirasa kurang membantu, mungkin cara yang terakhir ini akan membantu dengan cara me-restart smatphone Anda, dan bagi Anda yang baterai pada smartphonenya tidak di desain Non-removable atau bateainya bisa dilepas, coba Anda matikan sejenak smartphone Anda dan lepas baterainya hingga 5 sampai 10 menit kemudian Anda bisa menyalakan ulang.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk meningkatkan inerja smartphone Anda. Jika Anda sudah melakukan langkah - langkah di atas namun smartphone Anda masih lemot, mungkin memang telah terjadi masalah pada hardwarenya seperti bisa saja kinerja prosesor yang mulai melemah atau beberapa komponen yang sudah mulai menurun kekuatannya. Mengatasi smartphone yang lemot memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan, selain akan memberikan kecepatan loading pada smartphone Anda hal tersebut juga akan mengurangi konsumsi daya baterai.

Baca : Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Efektif

Post a Comment

0 Comments