Cara Menghemat Baterai HP Smartphone Android Dengan Efektif

Cara Menghemat Baterai HP Smartphone Android - Kembali lagi dengan pada artikel kami yang membahas tentang berbagai trik dan tips tentang smartphone, dan pada kali ini Catatan Sistel akan berbagi tips atau cara menghemat baterai smartphone Android agar baterai smartphone Android Anda tidak terlalu cepat habis kapasitas dayanya. Berikut silahkan diikuti informasinya di bawah ini.

Sejak pertama kali sistem operasi Android di luncurkan hingga sampai saat ini masih banyak saja peminatnya, kemudahan dalam penggunaan atau pengoperasiannya serta peforma yang dibawa yang menawan membuat para pengguna smartphone berbondong - bondong berpindah untuk menggunakan sistem operasi Android. Sistem operasi ini bahkan sudah digunakan oleh berbagai vendor- vendor besar seluruh dunia seperti Samsung, Sony, Acer, dan Asus. Kemudahan dalam mengunduh berbagai aplikasi perbayar atau pun gratis merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh Android. Android yang merupakan sistem operasi yang saat ini paling banyak digemari di kalangan masyarakat di seluruh dunia ternyata tetaplah masih memiliki kekurangan pada sektor konsumsi baterai yang digunakannya, entah apa yang membuat sistem operasi Android sangat boros terhadap konsumsi daya baterai, yang jelas sistem operasi Android lebih boros dari pada sistem operasi smartphone yang lain seperti Windows Phone.

Namun kemungkinan - kemungkinan dari konsumsi daya yang boros masih tetap bisa diatasi dari beberapa faktor yang terlihat sehingga baterai pada smartphone Android Anda tidak terlalu boros dalam konsumsi daya. Berikut beberapa tips tentang bagaimana cara menghemat baterai smartphone Android dengan efektif.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android


Cara Menghemat Baterai HP Smartphone Android Dengan Efektif


1. Gunakan jaringan Wi-Fi dari pada jaringan 3G atau 4G
Cara menghemat baterai pada smartphone Android yang pertama adalah perhatikan masalah koneksi! Jaringan pada sinyal 3G atau 4G yang tidak stabil akan membuat smartphone sangat bekerja keras untuk terus mendapatkan jaringan terbaik yang stabil sehingga konsumsi baterai akan bertambah, oleh karena itu jika Anda berada di area hospot Anda bisa beralih untuk mengaktifkan jaringan Wi-Fi untuk mendapatkan jaringan data, saat ini Anda pun bisa menemukan jaringan hospot gratis yang telah menjamur dimana - mana seperti di rumah, sekolah, kampus, cafe, ataupun pusat perbelanjaan. Menggunakan jaringan Wi-Fi lebih efektif dikarenakan koneksi pada jaringan Wi-Fi memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dan stabil sehingga smartphone tidak perlu bekerja keras untuk mencari - cari koneksi terbaik sehingga konsumsi daya baterai akan lebih rendah.

2. Matikan jaringan Wi-Fi atau Bluetooth jika tidak digunakan
Cara menghemat baterai smartphone Android yang kedua adalah masalah pengaturan penggunaan jaringan. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang sangat simple namun sering kali diabaikan dan terlupakan oleh pengguna smartphone. Jika jaringan Wi-Fi dalam kondisi yang tidak diperlukan maka Anda bisa matikan saja jaringan Wi-Fi karena dalam hal ini jika Anda tidak mematikan jaringan Wi-Fi padahal Anda tidak berada dalam area hospot maka smartphone akan terus mencari - cari koneksi sehingga konsumsi daya baterai akan bertambah. Hal ini sama halnya dengan jaringan Bluetooth, diharap Anda untuk mematikan jaringan bluetooth jika sudah tidak dipergunakan untuk mentransfer data ataupun tidak sedang dikoneksikan dengan headset wireless.

3 Matikan Jaringan GPS
GPS merupakan fitur yang diberikan untuk pengguna smartphone Android agar memudahkan dalam mendapatkan navigasi arah ketempat tujuan ketika Anda melakukan perjalanan, Fungsi GPS juga bermanfaat untuk melacak keberadaan atau posisi smartphone Anda ketika hilang. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa hal ini sebenarnya sama dengan jaringan Wi-Fi dan Bluetooth, jika Anda tidak dalam perjalanan atau sedang berada di dalam rumah, Anda bisa mematikan jaringan GPS. Hal ini juga sering terlupakan oleh pengguna smartphone, mereka tetap menyalakan fitur GPS padahal tidak dalam perjalanan. Jika Anda bisa mengatur penggunaan jaringan GPS secara tepat, maka konsumsi baterai akan lebih rendah.

4. Mengatur tingkat kecerahan layar
Pengaturan layar pada smartphone juga memperngaruhi dalam tingkat konsumsi daya yang digunakan, layar merupakan komponen yang memakan kapasitas baterai yang besar pula, semakin tinggi kecerahan layar yang digunkan semakin tinggi pula konsumsi daya baterainya. Oleh sebab itu Anda bisa meredupkan tingkat kecerahan layar jika berada di dalam ruangan, ketika Anda berada di dalam ruangan walaupun tingkat kecerahan layarnya redup Anda tetap masih bisa mendapatkan tampilan grafis yang bagus.

5. Jangan gunakan atau matikan Live Wallpaper
Terkadang kita sering mengotak - atik tampilan wallpaper sehingga mendapatkan tampilan wallpaper yang menarik. Live Wallpaper sendiri merupakan wallpaper hidup atau berjalan yang bisa beganti - ganti atau pun bergerak, Penggunaan Live Wallpaper akan menambah konsumsi daya baterai pada smartphone, untuk itu Anda perlu menghindari penggunaan Live Wallpaper.

6. Tutup aplikasi yang tidak digunakan
Hal ini terkadang dianggap sepele oleh pengguna smartphone, aplikasi yang sedang berjalan akan menambahkan kinerja pada prosesor dan semakin besar kinerja prosesor juga akan semakin besar juga konsumsi baterainya, untuk itu menutup aplikasi yang tidak digunakan selain dapat menghemat kosumsi batera Anda juga mengurangi kinerja prosesornya sehingga meminimalisir terjadinya Lag.

7. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Android memiliki keistimewaan dalam pengunduhan bebagai aplikasi, saat ini sudah banyak sekali aplikasi - aplikasi yang berfungsi sebagai penghemat baterai smartphone. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store seperti aplikasi DU Battry Saver, aplikasi ini merupkan aplikasi yang sering digunakan karena di dalamnya terdapat fitur - fitur yang lengkap untuk menghemat baterai Anda. Namun Anda juga masih bisa menemukan berbagai aplikasi penghemat baterai lainnya.

Nah itulah beberapa cara menghemat baterai smartphone Android yang bisa langsung Anda praktekkan, sebenarnya masih terdapat beberapa cara lagi yang bisa dilakukan untuk menghemat kapasitas baterai Anda, namun ketujuh langkah di atas kami rasa cukup untuk mengoptimalkan konsumsi daya baterai pada smartphone Anda. Jika dilihat dari keseluruhan, sebesarnya hal yang perlu diperhatikan adalah sektor jarigan, layar, dan kinerja prosesor karena ketiga sektor tersebut merupakan komponen yang paling banyak memakan daya baterai, jika Anda bisa melakukan pengaturan pada ketiga sektor tersebut secara tepat, maka kapasitas baterai Anda akan lebih tahan lama.

Nah sekarang mungkin Anda ingin berbagi tips di atas dengan teman -teman atau saudara Anda, namun masalah pulsa menghalangi Anda untuk mengirim sms, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk masalah tersebut karena kami memiliki cara untuk mengirim sms gratis sepuasnya.

Baca : Cara Mengirim SMS Gratis Sepuasnya Tanpa Pulsa

Post a Comment

0 Comments