Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V | Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung Galaxy Tab 3V - Pasar Industri tablet saat ini dihadiri pedatang baru dari vendor asal korea selatan yaitu Samsung. Setelah meluncurkan smartphone terbaru mereka yaitu Samsung galaxy Ace 4 dan Samsung Galaxy J1, kini Samsung mengeluarkan varian terbaru mereka di bidang tablet yaitu Samsung Galaxy Tab 3 V yang diproduksi untuk membidik konsumen kelas bawah dengan harga yang bersahabat. Tablet ini bisa dikatakan sebagai tablet pemula untuk Anda yang baru pertama kali ingin menjajal untuk menggunakan tablet karena spesifikasi yang dibawanya masih merupakan dasar - dasar dari tablet bersistem operasi Android. Mungkin Anda salah satu orang yang sedang ingin mencicipi menggunakan tablet untuk pertama kalinya, maka tablet ini sangat cocok untuk Anda. Untuk itu Catatan Sistel kali ini akan memberikan informasi mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V serta kelebihan dan kekurangannya.

Samsung Galaxy Tab 3 V sendiri di kenalkan pada bulan Maret 2015 dan mulai dirilis pada bulan April 2015. Dengan membawa spesifikasi yang mendasar seperti layar yang masih menggunakan teknologi layar TFT serta kamera depan yang memiliki lensa sebesar 2 MP, Anda tetap akan mendapatkan beberapa keunggulan dari Samsung Galaxy Tab 3 V yang terdapat di dalamnya seperti pada sektor prosesor berinti empat dan memori internal sebesar 8 MP. Namun disektor jaringan Anda masih belum bisa menikmati jaringan 4G LTE yang disediakan operator.

Lalu seperti apakah kinerja dan peforma Samsung Galaxy Tab 3 V ini ? Serta apa saja kelebihan dan kurangan yang dimiliki Samsung Galaxy Tab 3 V ? Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak saja ulasannya di bawah ini yang kami bahas setiap sektor yang dimiliki Samsung Galaxy Tab 3 V.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Samsung Galaxy Tab 3 V
Gambar Samsung Galaxy Tab 3 V

Layar
Layar Samsung Galaxy Tab 3 V menggunakan teknologi layar TFT Capacitive touchsreen yang memiliki kualitas dibawah teknologi layar IPS dan AMOLED. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karena tablet ini dijual dengan harga murah tentunya tidak banyak yang diharapkan untuk spesifikasi yang luar biasa pada layarnya. Layarnya mampu menampilkan grafis dengan resolusi hingga 600 x 1024 piksel dengan kerapatan piksel hingga 170 piksel per inci, tentunya hasil gambar yang ditampilkan sangat - sangat standard tanpa adanya ketajaman gambar yang tinggi. Layar selebar 7 inci pun masih belum dilengkapi dengan protektor sehingga Anda perlu membelikannya sendiri di toko - toko HP.

Sistem Operasi dan Memori
Untuk sistem operasi Samsung Galaxy Tab 3 V menggunakan Android Kitkat v4.4, ini merupakan satu keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy Tab 3V karena menggunakan sistem operasi Android terbaru. Untuk memori Samsung Galaxy Tab 3V memiliki kapasitas internal sebesar 8 GB yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file - file pribadi, Anda juga bisa menambahkan memori eksternal berupa microSD hingga kapasitas 32 GB pada slot yang tersedia.

Prosesor dan RAM
Prosesor Samsung Galaxy Tab 3 V ditenagai oleh CPU Quad-core berkecepatan 1,3 GHz, kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM yang memiliki kapasitas sebesar 1 GB agar bisa menjalankan aplikasi - aplikasi yang terinstal.

Desain
Desain Samsung Galaxy Tab 3 V masih menggambarkan ciri khas Samsung dengan tampilan yang elegan, keempat sudut yang membulat dengan radius yang tidak terlalu besar memberi kesan modern pada tablet ini. Ukuran Samsung Galaxy Tab 3 V memiliki panjang sebesar 193,4 mm dan lebar 116,4 mm serta ketebalan 9,7 mm. Desain masin terasa nyaman saat berada di genggaman tangan namun agak sedikit terganggu dengan bobot yang berat sebesar 332 gram. Anda bisa memilih dua buah warna yang tersedia untuk bodinya yaitu putih dan hitam.

Kamera
Kamera Samsung Galaxy Tab 3 V memiliki lensa sebesar 2 MP untuk kamera depan dan belakangnya, pada kamera belakangnya Anda hasil foto yang di dapat saat digunakan untuk memotret akan memiliki resolusi sebesar 1600 x 1200 piksel, dan jika digunakan untuk merekam hasil video yang didapat akan memiliki resolusi sebesar 480 piksel dengan framemate 24 frame per second.

Jaringan
Untuk sektor jaringan yang terdapat pada Samsung Galaxy Tab 3 V juga masih memiliki spesifikasi yang standard, Anda bisa mengaktifkan SIM-card berbasis GSM pada slot Single-SIM yang tersedia. Anda bisa berada pada jaringan 3G yang di sediakan operator namun Anda tidak bisa berada pada jaringa 4G yang disediakan operator. Seperti pada umumnya jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n bisa Anda gunakan untuk mendapatkan jaringan data jika berada di area hospot, terdapat juga jaringan Wi-Fi Hospot dan Wi-Fi direct yang dapat Anda manfaatkan. Bluetooth v4.0 yang dilengkapi dengan A2DP, selain bisa digunakan untuk berbagai file kepada perangkat lain juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik melalui headset wireless.

Baterai
Untuk menompang kinerja komponen yang terdapat di dalamnya, baterai Samsung Galaxy Tab 3 V dibekali dengan kapasitas daya sebesar 3600 mAh yang berjenis Li-Ion. Kapasitas sebesar itu untuk spesifikasi yang dimiliki Anda bisa gunakan untuk melakukan panggilan selama 8 jam pada jaringan 2G dan 18 jam pada jaringan 3G, serta bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 71 jam.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab 3 V

  • Prosesor Quad-core
  • Kapasitas baterai besar
  • Menggunakan sistem operasi Android Kitkat

Kekurangan Samsung Galaxy Tab 3 V

  • Masih menggunakan teknologi layar TFT Capacitive touch screen
  • Belum suport jaringan 4G
  • Kerapatan piksel rendah
Di jual dengan harga di bawah dua jutaan, spesifikasi yang ditawarkan berkesan seadanya. Samsung Galaxy Tab 3 V memang cocok bagi Anda yang sekedar ingin mencicipi menggunakan tablet untuk pertama kalinya. Walaupun banyak kekurangan pada tablet ini dibeberapa sektor, Anda masih bisa dengan nyaman untuk mengoperasikan tablet ini untuk kegiatan ringan sehari - hari. Spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab 3 V ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab 3 Lite.

Post a Comment

0 Comments