Spesifikasi ASUS Zenfone 6 | Kelebihan dan Kekurangannya

ASUS Zenfone 6 - Bicara mengenai Inovasi - inovasi dari berbagai vendor gadget memang tidak akan pernah ada habisnya. ASUS yang merupakan salah satu vendor terbesar di dunia dengan berbagai pengalamannya menciptakan berbagai produk perangkat elektronik hingga sampai saat ini namanya sudah tenar di seluruh dunia, masih tetap eksis dengan terus mengeluarkan produk - produk terbarunya yang salah satu bisnis yang sedang dijalani yaitu industri pasar smartphone. Catatan Sistel akan membahas salah satu smartphone yang sudah diluncurkan oleh ASUS yaitu Zenfone 6.

ASUS Zenfone 6 sendiri dikenalkan pada bulan Januari 2014 dan mulai dirilis pada bulan Mei 2014. Flangship dari vendor asal taiwan ini hadir dengan membawa beberapa keunggulan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Harga murah yang ditawarkan untuk smartphone ini, di bekali dengan spesifikasi yang tidak murahan, melainkan spesifikasi yang lebih tangguh.

Bertenaga CPU berinti dua dan RAM berkapasitas besar, Anda tidak perlu khawatir akan kelancaran dalam mengoperasikan aplikasi - aplikasi yang sudah terinstal. Tampilan layar yang luas  \karena berbekal dengan layar yang lebar, didukung juga dengan sudut pandang yang luas berkat teknologi layar IPS LCD yang digunakan. Hasil foto dari lensa kamera belakang juga tidak mengecewakan. Belum lagi fitur Dual-sim yang dimilikinya akan mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan komunikasi.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Zenfone 6 ini ? serta bagaimana kinerja dan peformanya tersebut ? untuk lebih jelasnya silahkan disimak saja ulasannya di bawah ini berdasarkan per sektor dari spesifikasi yang dimiliki.

Spesifikasi ASUS Zenfone 6 Juga Kelebihan dan Kekurangannya


ASUS Zenfone 6
Gambar ASUS Zenfone 6



Layar
Lebar layar yang dimiliki ASUS Zenfone 6 adalah 6 inci, keungguluan dari layarnya yaitu sudah dilengkapi dengan protektor Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar akan terlindungi dari goresan - goresan benda tajam atau goresan kuku saat mengoperasikasn smartphone. Selain itu teknologi IPS LCD Capacitve touchsreen yang digunakannya membuat sudut pandang pada layarnya terasa luas. Hasil grafis yang ditampilkan pada layarnya memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel dan memiliki kerapatan piksel hingga 245 piksel per inci. Sehingga hasil grafisnya juga terlihat lebih jernih dan tajam.

Desain
Lebar dan panjang ASUS Zenfone 6 mengikuti besar layarnya, dengan dimensi panjang 166,9 mm dan lebar 84,3 mm serta ketebalan 9,9 mm membuat smartphone ini terasa besar tapi tipis, mungkin bagi Anda yang memiliki jari tangan yang pendek, harus menggunakan dua buah tangan untuk mengoperasikan ASUS Zenfone 6. Hal ini juga dikarenakan bobot ASUS Zenfone 6 yang lumayan berat dengan bobot sebesar 196 gram.

Untuk desainnya sendiri seperti kebanyakan produk smartphone ASUS yang lainnya, ruang kosong selalu ada di bawah tiga tombol fisiknya dengan tampilan yang mengkilat. Tiga tombol fisik yang berada di bawah layarnya juga sama dengan produk ASUS yang lainnya dimana tombol back berada di sebelah kiri tombol home yang berada di tengah - tengah. Ada empat pilihan warna Zenfone 6 yaitu Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, dan Champagne Gold. Anda bisa memilih sesuai keinginan hati.

Memori dan Operasi Sistem
Demi mencukupi kebutuhan ruang penyimpanan untuk file - file yang dimiliki konsumennya, ASUS Zenfone 6 memiliki 3 pilhan untuk memori internalnya yaitu 8 GB, 16 GB, dan 32 GB, yang pastinya harga menyesuaikan dengan besar memori internal yang dipilih. Dan untuk mendukung kinerja prosesornya, OS atau operasi sistem pada Zenfone 6 sudah berjalan pada Android Jelly bean v4.3 yang sudah bisa Anda upgrade ke Android Kitkat v4.4.2.

Prosesor dan RAM
Kinerja dapur pacunya ditenagai oleh CPU Dual-core yang memiliki kecepatan 2 GHz serta dibantu dengan chipset Intel Atom Z2580, dan untuk pengolahan grafisnya dikerjakan oleh GPU dari PowerVR SGX544MP2. RAM pada ASUS Zenfone 6 memiliki dua pilhan yaitu 1 GB dan 2 GB.

Kamera
Di sektor kamera, ASUS Zenfone 6 dipersenjatai dengan lensa sebesar 13 MP pada kamera utamanya. Hasil foto yang didapatkan memiliki resolusi hingga 4128 x 3096 piksel, jika digunakan untuk merekam hasil video yang didapat memiliki resolusi 1080 piksel dengan framemate 30 frame per piksel. Anda dapat mengoptimalkan hasil foto dan video dengan beberapa fitur yang ada seperti fitur autofocus, panorama, LED Flash, touch focus, face detection, dan juga Geo-tagging, Geo-tagging sendiri merupakan fitur yang bisa menambahkan identitas letak geografis pada foto, video, dan website. Sedangkan pada kamera depannya ASUS Zenfone 6 dipersenjatai dengan kamera belensa 2 MP.

Jaringan
Jika Anda memiliki dau buah SIM-card, sekarang Anda bisa mengaktifkan kedua SIM-card tersebut pada smartphone ini berkat tersedianya slot dual-SIM. Anda juga bisa berada pada jaringan 3G operator, namun sayang nampaknya Anda masih belum bisa berada pada jaringan 4G LTE dari operator. Untuk jaringan WLAN tersedia Wi-Fi 802.11 b/g/n yang dapat diaktifkan untuk mendapatkan jaringan data dari perangkat hospot, namun jika Ada justru ingin berbagi jaringan data dengan perangkat lainnya, Anda bisa mengaktifkan jaringan Wi-Fi Hospot yang tersedia. Dan untuk menghubungkan ASUS Zenfone 6 dengan perangkat smart yang lainnya, Anda bisa mengaktifkan jaringan Wi-Fi Direct.

Baterai
Anda akan sedikit disulitkan apabila terjadi Lag saat pengoperasiaan ASUS Zenfone 6 karena desain baterai Non-removable membuat Anda tidak bisa melepas baterainya sendiri kecuali dibawa ketempat service, namun pastinya ASUS telah memikirkan hal tersebut sehingga spesifikasi yang dibawa oleh smartphone ini  juga dibuat sangat tangguh agar tidak terjadi Lag. Dengan kapasitas daya baterai sebesar 3300 mAh yang menggunakan jenis Li-Po, dalam kondisi standby baterainya mampu bertahan hingga 398 jam pada jaringan 3G dan jika digunakan untuk melakukan panggilan mampu bertahan hingga 28 jam pada jaringan 3G.

Kelebihan ASUS Zenfone 6

  • Layar lebar 6 inci
  • Menggunakan teknologi layar IPS LCD
  • Menggunakan protektor layar Corning Gorilla Glass 3
  • Kapasitas memori internal dan RAM besar
  • Dual-SIM
  • Kapasitas baterai besar
  • Kamera belakang berlensa besar dan hasil foto bagus

Kekurangan ASUS Zenfone 6

  • Bodi besar
  • Bobot yang lumayan berat
  • Belum suport jaringan 4G LTE
  • Desain baterai Non-removable
Berdasarkan spesifikasi yang ada, ASUS Zenfone 6 memiliki peforma yang tangguh dan juga kinerja yang baik. Katahanan baterainya dalam menghidupi seluruh komponen mesinnya membuat Anda tidak terlalu khawatir akan kehabisan daya dalam pemakainnya pasif sehari. Layar yang dibekali dengan protektor Corning Gorilla Glass 3 juga tidak merepotkan Anda untuk membelikan protektor di pasaran agar layarnya masih terhindar dari goresan - goresan. Dengan membidik konsumen kelas menengah, harga jual ASUS Zenfone 6 ini sudah termasuk harga murah dengan harga sekitar 3 Jutaan. Anda bisa lihat harga terbarunya pada artikel kami berikut.

Baca : Harga HP ASUS Android Terbaru Di Bulan Ini

Post a Comment

0 Comments