Spesifikasi Advan S5J+ Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Advan S5J+ - Industri pasar smartphone saat ini telah terjadi tren smartphone yang memiliki spesifikasi mirip, ya begitulah yang bisa terlihat dari salah satu Vendor yang baru - baru ini menghadirkan penerus dari varian sebelumnya yaitu Advan. Advan sendiri sebelumnya telah mengeluarkan varian smartphone mereka yaitu Advan S5J yang diluncurkan pada bulan Mei 2014. Dan kini Catatan Sistel akan memberikan informasi mengenai varian penerusnya yaitu Advan S5J+ serta kelebihan dan kekurangannya.

Advan S5J+ merupakan flangship dari Advan yang merupakan varian penerus dari Advan S5J dengan membawa beberapa peningkatan pada spesifikasinya yang diluncurkan pada bulan Februari 2015. Dalam segi layar terdapat peningkatan yang menggunakan layar berteknologi layar IPS LCD, pada sektor prosesor terdapat juga sedikit peningkatan pada kecepatan prosesornya, selain itu juga terlihat juga peningkatan pada kapasitas memori internal yang memiliki ruang 8 MP. Namun untuk kamera depan nampaknya Advan S5J+ mengalami penurunan dengan lensa 2 MP yang dimiliki, serta penurun pada kapasitas daya baterainya juga dialami oleh Advan S5J+.

Dijual dengan harga dibawah dua jutaan, smartphone ini termasuk dalam kategori smartphone dengan spesifikasi bagus yang memiliki harga yang murah, maklum saja di industri pasar smartphone dalam negeri saat ini, smartphone dengan harga murah masih didominasi oleh smartphone produk dari vendor lokal.

Lalu seperti apakah ketangguhan dari Advan S5J+ ini ? serta bagaimanakah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Advan S5J+. Untuk lebih jelasnya berikut silahkan Anda baca ulasannya di bawah ini yang kami bahas setiap sektor - sektor yang terdapat di dalamnya.

Spesifikasi Advan S5J+ Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Advan S5J+
Gambar Advan S5J+




Desain
Untuk desain Advan S5J+ tidak jauh berbeda dengan desain yang diusung oleh Advan S5J, hanya saja Advan S5J+ memiliki ketebalan yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan dari pada Advan S5J. Pada tampilan antarmukanya Anda bisa melihat layar lebar dengan padding atau jarak dengan bodi pinggirnya yang tidak terlalu jauh, di bawah layarnya Anda bisa menemui tiga buah tombol fisik dengan tombol Back berada di samping kanan tombol Home yang berada di tengah - tengah, di atas layarnya Anda akan menemui lubang speakerphone yang bertengger ditemani oleh dua buah sensor di sebelah kanannya dan disusul oleh kamera depan yang berada di sudut kanan atas bodinya.

Layar
Berbicara pada sektor layar Advan S5J+, seperti yang telah di jelaskan di atas terdapat peningkatan yaitu penggunaan layar berteknologi IPS LCD Capacitive touchscreen yang tentunya mampu memberikan tampilan grafis dengan sudut pandang yang luas, tidak hanya itu layarnya juga telah mengadopsi OGS Panel sehingga grafis akan lebih realis tanpa batas. Namun sayang penurunan pada resolusi yang dihasilkan sehingga menjadi 480 x 854 piksel menjadikan kekurangan yang dimiliki pada sektor layarnya. Layar selebar 5 inci juga masih belum dilengkapi dengan protektor.

Prosesor dan RAM
Prosesor Advan S5J+ membawa peningkatan dengan menggunakan CPU Quad-core dengan kecepatan 1,3 GHz, kinerja CPU-nya juga dibantu oleh chipset Mediatek MT6589 serta GPU PowerVR SGX544 yang digunakan untuk mengatur pengolahan grafisnya. Peforma pada prosesornya di dukung juga dengan RAM yang memiliki kapasitas sebesar 1 GB. Anda masih bisa menjalankan beberapa aplikasi - aplikasi yang terinstal, akan tetapi masih dirasa kurang untuk menjalankan aplikasi berat seperti game HD.

Sistem Operasi dan Memori
Sistem Operasi Advan S5J+ sudah menggunakan Android Kitkat v4.4. Dan pada memori yang dimiliki Advan S5J+ mempunyai kapasitas sebesar 8 GB untuk memori internalnya, namun untuk kapasitas maksimal yang bisa digunakan untuk menambahkan memori eksternal pada slot yang tesedia kami belum mendapatkan informasi yang pasti.

Kamera
Kamera Advan S5J+ dipersenjatai dengan lensa sebesar 8 MP untuk kamera belakangnya, fitur HDR, Smile detection, aoutofocus, dan LED Flash juga bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan hasil foto dan video yang diperoleh. Sedangkan untuk kamera depan yang dimiliki Advan S5J+ menggunakan lensa sebesar 2 MP, ini merupakan penurun dibidang kamera depan karena sebelumnya Advan S5J dipersenjatai dengan kamera depan berlensa sebesar 3 MP.

Jaringan
Peningkatan pada sektor jaringan dapat Anda dapatkan dengan tersedianya fitur Dual-SIM yang tersedia agar pengguna bisa menaktifkan dua buah SIM-card secara bersamaan sekaligus. Jaringan Wi-Fi, GPS dan Bluetooth yang terdapat di dalamnya juga bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Anda juga sudah bisa berada pada jaringan 3G dari operator, namun Anda tidak bisa berada pada jaringan 4G yang disediakan operator.

Baterai
Baterai Advan S5J+ memiliki kapasitas daya sebesar 1700 mAh berjenis Li-Ion untuk menompang seluruh kebutuhan konsumsi daya pada komponen - komponen yang ada. Dalam hal ini Advan S5J+ juga mengalami penurunan pada kapasitas daya yang dibekalinya yang sebelumnya pada Advan S5J memiliki baterai dengan kapasitas daya sebesar 2000 mAh. Tentunya ini begitu kurang untuk menghidupi seluruh komponen yang ada menurut spesifikasi tangguh yang dimiliki.

Kelebihan Advan S5J+


  • Menggunakan layar berteknologi IPS LCD
  • Mengadopsi OGS Panel
  • Memiliki bobot yang ringan
  • Layar lebar
  • Prosesor Quad-core
  • Kamera belakang berlensa besar
  • Dual-SIM
  • Memori internal berkapasitas besar

Kekurangan Advan S5J+

  • Belum suport jaringan 4G LTE
  • Layar belum dilengkapi dengan protektor
  • Resolusi layar rendah
  • Kapasitas daya baterai kurang besar
Dengan membidik konsumen pada kelas low-end, harga dibawah dua jutaan dengan spesifikasi bagus yang dimiliki merupakan penawaran yang diberikan oleh Advan untuk konsumennya. Beberapa peningkatan sudah terlihat dari mulai sektor teknologi layar, Prosesor, fitur Dual-SIM, dan kapasitas memori internal yang besar merupakan keseriusan Advan untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya dalam menggunakan smartphone. Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki pada beberapa sektor seperti sektor layar dan baterai yang terlihat menonjol, mungkin hal ini bisa dimaklumni karena pasalnya smartphone ini dijual dengan harga murah.

Jika dilihat dari keseluruhan spesifikasi yang dimiliki oleh Advan S5J+, banyak peningkatan yang dialami dibandingkan oleh pendahulunya yaitu Advan S5J, Anda bisa membandingkan perbedaan Advan S5J dengan Advan S5J+ dengan membaca spesifkasi yang dimiliki oleh Advan S5J.

Baca : Spesifikasi Advan S5J Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Post a Comment

0 Comments