Harga BlackBerry Passport Q100 Serta Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

BlackBerry Passport Q100 merupakan produk smartphone terbaru BlackBerry yang diluncurkan pada bulan Oktober 2014. Smartphone ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam dunia smartphone. Dengan mengusung konsep touch and type, smartphone ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan smartphone lain yang ada di pasaran. Akan tetapi seunggul apapun smartphone yang ada sekarang tentunya memiliki kekurangan tersendiri. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan pada BlackBerry Passport Q100 ini? Sebelum membahas tentang hal tersebut, mari simak ulasan mengenai spesifikasi yang di bawa oleh smartphone asal perusahaaan Kanada tersebut.

Harga 
Baru : Rp. 9.599.000
Lihat harga terbarunya di sini

Desain
BlackBerry sepertinya telah benar-benar meningkatkan kualitas produknya dengan melakukan perombakan besar-besaran pada setiap produknya. Evolusi yang dilakukan BlackBerry dapat dirasakan pada Desain yang disuguhkan. Salah satunya adalah produk yang terbaru yaitu BlackBerry Passport Q100 yang mengusung konsep touch and type pada desainnya. Artinya pada tampilan interface dirancang dengan layar touchsreen yang dikolaborasikan dengan tombol qwerty dibawahnya.

Desain yang diusung memiliki panjang 128 mm, lebar 90,3 mm, tebal 19,3 mm dan berat 196 gram. Anda dapat memilih beberapa warna untuk pilihan warna bodinya yaitu hitam, putih, merah, hitam dan emas.

Jika dilihat pada sekeliling bodinya, di bagian atas tetanam port audio 3,5 mm  yang berada di samping lubang speaker phone. Pada bagian sisi kiri terdapat tiga buah tombol pengaturan volume. Sedangkan pada bagian kanan tidak terdapat apa-apa alias polos. Dan di sisi bawah Anda akan menjumpai port microUSB yang dihimpit oleh dua area lubang speaker. Sperti yang sudah dijelaskan diatas, tampilan interface pada Blacberry Passport Q100 ini adalah layar touchsreen yang di bawahnya terdapat keypad qwerty, dan pada bagian atasnya terdapat lubang speaker phone yang berada di tengah-tengah dan lensa kamera yang berada di sudut kanan atas serta sensor yang berada didekat lubang speaker phone. Pada back cover terlihat lensa kamera berada di tengah agak ke atas yang ditemani dengan LED flash di atasnya serta logo khas BlackBerry yang berada tepat di tengah-tengah bodi.

Layar
Dikemas dengan layar selebar 4,5 inci yang berteknologi IPS LCD Capacitive touchsreen, akan memberikan sudut pandang yang luas serta tampilan yang jernih dan tajam. Layarnya mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1440x1440 piksel dengan kerapatan piksel hingga 453 ppi (piksel per inch), tentunya memberikan tampilan grafis yang realis dan terasa lebih nyata. Layarnya juga mampu merespon inputan hingga 10 titik secara bersamaan. Untuk protector yang digunakan untuk melindungi layarnya, BlackBerry Passport Q100 menggunakan layar kaca berjenis Corning Gorilla Glass 3 yang adapat melindungi layar dari benturan keras dan tidak mudah meninggalkan bekas jejak sidik jari.

Operasi Sistem
BlacBerry Passport Q100 berjalan pada sistem operasi terbaru platform BlackBerry versi 10.3. Tentunya memberikan banyak pengalaman baru untuk operasinya.

Prosesor dan Memori
BlackBerry Passport Q100 memiliki dapur pacu yang cukup tangguh dimana menggunkan CPU Quad-core 2.26 GHz Krait yang dikolaborasikan dengan chipset Qualcomm MSM8974AA Snapdragon 801 serta GPU atau pemrosesan grafis Adreno 330, sehingga Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi berat dengan RAM yang disediakan sebesar 3 GB.

Media penyimpanan yang ditanamkan pada jeroannya, memiliki kapasitas yang besar yaitu 32 GB dan Anda dapat menambahkan media penyimpanan eksternal berupa microSD hingga 128 GB.

Kamera
Dengan dipersenjatai oleh kamera berlensa 13 MP, Anda dapat mendapatkan hasil foto dengan resolusi 4128 x 3096 piksel. Dilengkapi juga dengan LED flash yang dapat dimanfaatkan untuk memotret dalam keadaan gelap atau kurang pencahayaan. Sedangkan untuk kamera depan hanya memiliki lebar lensa sebesar 2 MP. Terdapat beberapa fitur pada kameranya yaitu autofocus, Geo-tagging, face detection, dan HDR yang dapat mengoptimalkan hasil jepretan dalam kondisi pencahayaan yang berlimpah atau kurang.

Untuk aktivitas rekaman video, kamera belakang mampu menghasilkan rekaman dengan resolusi 1080p dengan framemate 60 fps (frame per second), Sedangkan pada kamera depan hanya dapat menghasilkan video dengan resolusi 720p dengan framemate 30 fps.

Fitur Unggulan
Fitur-fitur menarik lainnya juga dapat ditemui pada BlackBerry Passport Q100 ini yang diantaranya ada sensor Accelerometer dan Gyro yang dapat membaca posisi sudut derajad kemiringan ponsel sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengaturan potrait atau landscape layar serta untuk bermain game yang membutuhkan sensor tersebut.Kemudian ada fitur Video editor yang memungkinkan Anda untuk mengedit hasil rekaman yang telah ada atau membuat video dengan gabungan beberapa photo.

Jaringan
Pada slot SIMcardnya, BlackBerry Passsport Q100 hanya dapat digunakan untuk SIMcard jenis GSM. Tetapi Anda dapat berada pada jaringan 4G LTE dengan kecapatan aksesnya. Ada juga dapat memanfaatkan jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual band untuk menjelajahi internet. Jika ingin berbagi jaringan dengan perangkat lain juga terdapat Wi-Fi hospot yang bisa dimanfaatkan. Untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat lain, bisa menggunakan Wi-Fi Direct. Dan jika ingin berbagi file melalui Bluetooth, Anda dapat menggunakannya dengan Bluetooth v4.0. Yang terkhir pada jaringannya terdapat fitur NFC yang banyak kegunaanya seperti melakukan pembayaran dan berbagi file dengan cara mendekatkan ponsel dengan perangkat NFC tags, tetapi pemanfaatan tekhnologi NFC di Indonesia belum banyak digunakan.

Port
Seperti kebanyakan produk smartphone kelas atas ataupun kelas bawah, BlackBerry Passport hanya memiliki dua buah port yaitu port audio 3,5 mm untuk terminal handset dan slimport microUSB untuk terminal charger atau kabel data.

Baterai
BlackBerry Passport Q100 dibekali dengan baterai berkapasitas 3450 mAh berjenis Li-Ion dan baterainya didesain dengan konsep Non-removable yang artinya tidak dapat dilepas. Dalam keadaan standby, baterainya mampu bertahan hingga 432 jam di jaringan 2G dan 444 dijaringan 3G. Anda juga bisa melakukan panggilan hingga 18 jam di jaringan 2G dan 23 jam di jaringan 3G. Untuk memutar musik, baterainya mampu bertahan hingga 84 jam.

Kelebihan
  • Sudah 4G LTE
  • Layar IPS LCD dengan kerapatan piksel 453
  • RAM besar 3G
  • Baterai tahan lama
  • Protector layar menggunakan Corning Gorilla Glas 3
  • Operasi sistem BlackBerry 10.3
Kekurangan
  • Baterai Non-removable
  • Kamera depan berlensa kecil
  • Tidak mendukung USB on-the-go
  • Harga relatif mahal

Post a Comment

0 Comments