Back up Riwayat Percakapan WhatsApp di Google Drive

Cara Memback Up Percakapan WhatsApp di Google Drive - Era digital sekarang ini yang lebih mudah untuk melakukan komunikasi jarak jauh yang  dirasa sangat membantu masyrakat dalam melakukan aktifitas komunikasi mereka. Munculnya berbagai perangkat komunikasi seperti handphone dan juga berbagai gadget lainnya sekarang ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi saja namun juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan infromasi yang dibutuhkan. Akan tetapi akhir - akhir ini dengan munculnya berbagai media sosial yang dapat diakses melalui smartphone dan juga berbagai gadget yang mendukung, menambah daftar fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah komunikasi. Sosial media pun semakin digemari saat ini dengan beberapa fitur menarik yang ditawarkan, sebut saja WhatsApp yang merupakan salah satu media sosial saat ini yang paling digemari oleh para pengguna smartphone.

Tentunya bagi pengguna smartphone, WhatsApp merupakan aplikasi yang harus dimiliki untuk melakukan komunikasi dari smartphone melalui jaringan data seluler atau bisa dilakukan tanpa pulsa. Nah jika Anda salah satu pengguna layanan WhatsApp, lalu seberapa pentingkan percakapan di WhatsApp bagi Anda ? Jawabannya tentu akan bermacam - macam sesuai tingkat percakapan yang dilakukan, bisa jadi penting sekali karena memuat percakapan yang masih perlu disimpan untuk dibuka kembali, bisa jadi tidak terlalu penting, atau bisa jadi juga tidak penting sama sekali karena percakapan yang ada di anggap spam.

Akan tetapi jika pesan percakapan di WhatsApp yang dianggap penting bagi Anda tiba - tiba harus hilang terhapus karena beberapa alasan mungkin seperti memori MicroSD Anda yang bermasalah karena terkena virus dan Anda belum sempat menyalin pesan - pesan penting tersebut. Jika sudah seperti itu tentunya Anda akan merasa kecewa dan meresa gelisah karena pesan - pesan penting tersebut memang sangat Anda butuhkan.


Back up Riwayat Percakapan WhatsApp di Google Drive

Hal ini juga perlu diperhatikan bagi Anda yang suka mengotak - atik smartphone Androidnya dari segi sistem operasi seperti di Root dan lain sebagainya. Tentu akan memperbesar kemungkinan kehilangan riwayat pesan percakapan di WhatsApp, nah oleh karena itu Anda perlu menyalin percakapan - percakapan yang dirasa penting  yang ada di WhatsApp ke layanan penyimpanan awan (cloud storage) secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukan cara manual untuk menyalin percakapan - percakapan tersebut dan dapat menghemat waktu Anda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika suatu saat MicroSD smartphone Anda mengalami masalah sehingga dapat menyebabkan riwayat percakapan di WhatsApp menghilang atau terhapus agar riwayat percakapan tersebut bisa di pulihkan kembali karena sudah tersimpan di penyimpanan awan (cloud storage).

WhatsApp yang belakangan ini terus memunculkan fitur - fitur terbaru mereka seperti pengguna bisa menggunakan layanan WhatsApp via Web, melakukan panggilan dengan jaringan data menggunakan layanan WhatsApp Call, dan menikmati mulusnya tampilan terbaru WhatsApp, kini WhatsApp kembali menghadirkan fitur terbaru mereka yaitu pengguna dapat menyalin riwayat percakapannya ke layanan Google Drive.

Jika selama ini para pengguna hanya bisa menyalin riwayat percakapan yang dimiliki ke MicroSD atau pun via email, nah kali ini dengan menggunakan WhatsApp versi terbaru (2.12.45) para pengguna WhatsApp pun bisa memback up riwayat percakapannya langsung ke Gogle Drive. Lalu bagaimana cara membackup atau menyalin riwayat percakapan pada WhatsApp ke Google Drive ? silahkan Anda simak beberapa langkah dibawah ini yang harus dilakukan.

1. Sebenarnya cara yang harus dilakukan untuk menyalin riwayat percakapan ini tidak terlalu sulit, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu versi WhatsApp yang Anda gunakan pada smartphone Anda harus menggunakan versi (2.12.45).

2. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu buka Menu > Setting > Chat Setting > Chat Backup. Maka Anda akan dibawa pada tampilan Chat Back up.

3. Kemudian ganti Backup Frequency pada menu Google Drive Setting menjadi Daily untuk penyimpana percakapan dalam setiap hari atau Weekly untuk penyalinan percakapan dalam waktu seminggu sekali atau pun Monthly untuk penyalina percakapan dalam waktu sebulan sekali sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda masing - masing.

4. Dan yang terakhir Anda akan diminta untuk memilih akun Google yang ditargetkan untuk menyimpan riwayat percakapan tersebut kemudian pilih OK..Pilih OK sekali lagi untuk mengizinkan WhatsApp mengakses data Google Drive Anda.

Catatan :
  • Pada bagian back up chats Anda bisa memilih untuk melakukan back up melalui jaringan Wi-Fi atau jaringan data seluler.
  • Karena Back up WhatsApp otomatis biasanya terjadi pada pukul 4 pagi, nah jika Anda sudah tidak sabar untuk segera memback up riwayat percakapan Anda bisa menekan Back Up Now untuk memulai memback up ke google drive.
Baca Juga : Cara Menggunakan Tongsis Yang Benar

Post a Comment

0 Comments