Hal Yang Dapat Merusak Smartphone Serta Cara Mengatasinya

Di era digital ini kebutuhan akan sebuah gadget sepertinya sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia untuk mempermudah melakukan aktifitas sehari - hari. Namun hanya beberapa dari pengguna gadget yang mau menyisihkan waktu untuk memberikan perawatan pada perangkatnya. Padahal apa bila suatu komponen pada perangkat gadget rusak, maka kinerja smartphone pun akan melemah dan terganggu. Nah, untuk itu kali ini Catatan Sistel akan memberikan informasi mengenai hal - hal yang dapat merusak smartphone serta bagaimana cara mengatasinya.

Jika para pengguna smartphone mau menyisihkan sedikit waktu luangnya untuk melakukan perawatan pada smartphonenya bukan hal yang tidak mungkin smartphone Anda akan tetap awet walaupun sudah dimakan usia. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan pada sebuah smartphone pun terbilang murah, bayangkan jika Anda tidak pernah melakukan perawatan pada smartphone Anda kemudian smartphone Anda rusak, maka akan memakan biaya servis yang lebih mahal bahkan lebih mengerikan lagi jika smartphone Anda telah dinyatakan rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, tentunya Anda akan menyisihkan budget Anda untuk membeli sebuah smartphone baru.

Untuk menhindari hal - hal buruk seperti itu, sabaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat menyebabkan smartphone rusak. Berikut enam hal yang perlu menjadi perhatian tersebut.

1. Tidak pernah mematikan smartphhone
Dalam keadaan tidak terpakai, beberapa pengguna smartphone terkadang tidak mau mematikan smartpghone mereka. Dengan Anda mematikan smartphone Anda dalam keadaan tidak terpakai, komponen dan kapasitas daya baterai akan tetap dapat bagus sehingga dapat berjalan dengan normal. Ini sama dengan Manusia yang membutuhkan waktu istirahat untuk menjaga kondisi tubuh tetap segar.

Matikan Smartphone


Sebaiknya Anda mematikan smartphone secara teratur pada setiap malam ketika tidur hingga bangun. Bila Anda khawatir akan melewatkan panggilan dan notifikasi, paling tidak sempatkan satu jam dalam sehari untuk mematikan smartphone Anda. Jika Anda merasa terlalu rumit untuk melakukan hal ini, pada sebuah smartphone terdapat pengaturan aktif dan nonaktif smartphone secara otomatis yang bisa dimanfaatkan dimana waktunya bisa diatur sendiri.

2. Membiarkan jaringan Wi-Fi dan Bluetooth tetap menyala

Matikan Jaringan yang tidak terpakai

Jaringan Wi-Fi dan Bluetooh memerlukan sebuah daya baterai untuk bekerja, jika Anda pernah mempermasalahkan tentang baterai smartphone Anda yang cepat habis mungkin salah satu penyebabnya yaitu jaringan Wi-Fi dan Bluetooth yang dibiarkan tetap menyala walaupun sudah tidak terpakai lagi. Jaringan Wi-Fi dan Bluetooth yang tidak terkoneksi akan terus mencari - cari koneksi yang tersedia dan hal ini akan terus menguras daya baterai. Sebaiknya Anda mematikan jaringan Wi-Fi dan Bluetooth jika sekiranya tidak digunakan lagi, karena dapat mempertahankan umur dari baterai Anda sehingga tetap tahan lama.

3. Smarphone digunakan pada suhu yang ekstrim

Hindarkan smartphone dari cuaca ekstrim

Bila Anda sedang bepergian keluar rumah perlu diperhatikan keadaan suhu di tempat Anda berada, jangan biarkan smartphone Anda berada pada suhu yang terlalu dingin atau pun terlalu panas ini akan mempengaruhi kinerja pada komponen sebuah smartphone terutama pada mesin utama smartphone seperti prosesor. Kondisikan smartphone Anda tetap berada pada suhu diatara 16 sampai 30 derajat celcius. Sehingga suhu pada mesin juga akan tetap terjaga dan kinerja smartphone akan tetap stabil.

4. Melakukan charging atau pengisian daya baterai yang berlebihan


Jangan mencharging secara berlebihan
Hal ini mungkin sudah dianggap biasa bagi sebagian orang, mengisi ulang daya baterai pada malam hari ketika hendak tidur kemudian pada saat bangun baterai sudah terisi penuh. Padahal ini merupakan tindakan yang salah karena hal tersebut justru akan membuat baterai smartphone Anda malah cepat bocor dan berkurang kapasitas dayanya. Sebaiknya Anda melakukan pengisian baterai yang tidak berlebihan dengan melepaskan kabel charger ketika kapasitas daya baterai sudah penuh. Ini akan membuat umur baterai smartphone Anda akan tetap awet.

5. Menggunakan charger yang bukan aslinya

Charger tidak asli

Charger sebuah smartphone juga dapat menimbulkan kerusakan pada smartphone Anda. Ya, hal ini dapat terjadi jika Anda salah menggunakan sebuah charger untuk smartphone Anda karena setiap charger memiliki output tegangan dan arus yang berbeda sesuai kebutuhan smartphone pasangannya. Jika smartphone Anda menggunakan charger yang bukan aslinya jika dilakukan secara terus menerus lama - kelamaan juga dapat merusak baterai Anda. Sebaiknya pakailah charger asli smartphone tersebut, jika terpaksa menggunakan charger lain atau yang bukan aslinya karena charger yang asli rusak atau tertinggal pastikan charger yang akan gunakan memiliki output tegangan dan arus yang sama besarnya dengan charger asli smartphone tersebut. Untuk mengetahui besar output tegangan dan arus dari sebuah charger Anda bisa membaca spesifikasinya pada bodi charger tersebut. Oh ya, satu hal yang tidak jauh berbeda yaitu penggunaan powerbank untuk mengisi ulang daya baterai Anda, pastikan outpunya juga memiliki tegangan dan arus yang sama besar dengan charger aslinya.

6. Tidak pernah dibersihkan


Smartphone tidak pernah dibersihkan

Sama halnya dengan benda pada umumnya, smartphone juga perlu dibersihkan dari kotoran yang melekat atau bahkan masuk ke dalam port, jika sebuah debu atau kotoran lain masuk ke dalam port maka kotoran dan debu tersebut juga bisa masuk ke dalam smartphone dan menempel pada mesin dan komponen - komponen smartphone di dalamnya, jika dibiarkan debu dan kotoran tersebut akan merusak komponen dan membuat karat pada material yang terbuat dari logam sehingga kinerja smartphone Anda akan melemah. Sebaiknya lakukanlah pembersihan rutin setiap seminggu sekali pada lubang port yang terdapat pada smartphone agar kotoran dan debu tidak masuk ke dalam smartphone.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat menyelamatkan smartphone Anda dari kerusakan. Pada intinya lakukanlah perawatan rutin dan selalu waspada pada kondisi smartphone terhadap lingkungan sekitar, pastikan juga penggunaan beberapa spear part untuk atau pada smartphone sesuai semestinya. Jika Anda peduli terhadap smartphone Anda tentunya bukan hal sulit untuk melakukan beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas. Jika smartphone Anda mulai menurun kinerjanya Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengatasi smartphone yang lemot.

Baca : Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Post a Comment

0 Comments