Spesifikasi Sony Xperia ZR | Kelebihan dan Kekurangannya

Sony Xperia ZR - Di kesempatan saat ini Catatan Sistel akan memberikan informasi mengenai Spesifikasi Sony Xperia ZR Serta Kelebihan dan Kekurangannya. Nah bagi Anda yang sedang mencari tahu tentang jeroan dari salah satu smartphone produk Sony ini, berikut langsung saja bisa Anda simak informasinya di bawah ini.

Sony Xperia ZR merupakan smartphone yang di perkenalkan pada bulan Mei, kemudian dirilis pada bulan Juni tahun 2013 silam. Sama seperti kebanyakan produk Sony pada umumnya yang memiliki harga selangit di bandingkan dengan smartphone dengan vendor lain yang memiliki spesifikasi yang sama. Namun harga yang tinggi tersebut sebanding dengan kualitas yang dimiliki pada setiap produk Sony yang diluncurkan.

Xperia ZR sendir memiliki beberapa seri lain yang diantaranya Xperia ZR C5502, Xperia ZR C5503, Xperia ZR LTE, Xperia ZR HSPA+. Dengan membawa beberapa keunggulan pada spesifikasinya, Xpeia ZR mencoba untuk memikat banyak konsumen pecinta smartphone. Di persenjatai dengan kamera besar 13,1 MP dengan di lengkapi beberapa fitur di dalamnya, juga layar yang memiliki kerapatan piksel hingga 323 piksel per inch membuat smartphone ini mampu memberikan tampilan gambar pada layarnya terlihat lebih tajam. Yang menarik dari Xperia ZR ini adalah telah mendapatkan sertifikat IP58 yang artinya smartphone ini tahan terhadap debu dan tahan berada di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama selang waktu 30 menit. Hal ini memungkinkan Anda untuk memotret atau pun mengambil rekaman video di dalam air menggunakan Xperia ZR.

Lalu apa saja keunggulan dari Xperia ZR yang lainnya ? berikut adalah ulasan mengenai spesifikasi dari Sony Xperia ZR yang langsung saja bisa Anda simak pada tulisan di bawah ini.

Spesifikasi Sony Xperia ZR Serta Kelebihan dan Kelebihannya

Sony Xperia ZR
Gambar Sony Xperia ZR

desain | layar | operasi sistem dan prosesor | memori dan RAM | kamera | jaringan | baterai | kelebihan | kekurangan

Desain (131,3 x 67,3 x 10,5 mm, berat 138 gram, sertifikat IP58)
Pada konsep desain yang digunakan pada smartphone ini memiliki bentuk yang serupa dengan saudara - saudaranya yang lain, yaitu menggunakan desain kotak dengan sudut tidak terlalu membulat sehingga terlihat tegas. Untuk ukurannya sendiri Xperia ZR memiliki panjang 131,3 mm dan lebar 67,3 mm, serta memiliki tebal 10,5 mm. Dengan di dukung bobot sebesar 138 gram, smartphone ini terasa ringan dan nyaman berada di dalam genggaman tangan. Pada bodinya sendiri tersedia beberapa pilihan warna yang diantaranya Black, White, Pink, dan Mint.

Pada tampilan antarmukanya, di bawah layar tidak terdapat tiga tombol fisik. Namun ketiga tombol fisiknya berada di layarnya sendiri yang dengan tombol back berada di sebelah kanan dan tombol home berada di tengah, di atas layarnya terdapat lubang speakerphone yang berada di atas tulisan Sony dan pada samping kirinya ditemani oleh kamera depan. Sedangkan pada bagian atas backcovernya terdapat kamera utama yang berada di tengah dengan di temani oleh LED Flash di bawahnya, dan pada bagian bawahnya terdapat lubang loudspeaker.

Dengan kemampuannya berada di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit, Anda bisa berfoto ria atau pun melakukan rekaman video ketika sedang berenang bersama kawan - kawan di kolam renang.

Layar (TFT Capcitive, 4,55 inch, 720 x 1280 piksel ~ 323 ppi)
Sayang teknologi yang digunakan pada layarnya masih menggunakan TFT Capacitive Touchsreen. Walaupun begitu, penampilan gambar pada layarnya yang mampu menampilkan grafis hingga resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel hingga 322 piksel per inch dan di dukung dengan teknologi Mobile Bravia® Engine generasi kedua sehingga gambar terlihat lebih cerah dan tajam. Layarnya juga mampu menampilkan grafis full HD. 

Dengan sertifikasi IP58 yang dimiliki berarti pada bagian layar smartphone tidak mudah untuk di tertempel debu. Tidak hanya itu, layarnya juga dilengkapi dengan perlindungan Shatter Proof Glass yang dapat melindungi layar dari goresan.

Operasi Sistem dan Prosesor (Android Jelly Bean v4.1, CPU, Chipset, GPU)
Untuk memberi kehidupan di dalam mesinnya, Xperia ZR menggunakan operasi sistem Android Jelly Bean v4.1 yang bisa di upgarde pada Android Kitkat v4.4.2 dan rencana akan bisa di upgrade juga pada Android Lollipop v5.0. Dan untuk urusan dapur di dukung oleh CPU Quad-core dari Krait berkecepatan 1,5 GHz. dan chipset Qualcomm Snapdragon APQ8064. Sedangkan untuk urusan pengelolahan grafis, hal ini di kerjakan oleh GPU Adreno 320.

Memori dan RAM (8 GB internal, 2 GB RAM)
Dalam menyimpan berbagai file yang dimiliki pengguna, tersedia ruang penyimpanan internal yang besar sebesar 8 GB. Dan Anda bisa menambahkan penyimpanan eksternal yang berupa microSD hingga kapasitas 64 GB. Sedangkan untuk menjalankan berbagai aplikasi - aplikasi yang terinstal, tersedia RAM sebesar 2 GB sehingga Anda bisa memanfaatkan untuk menjalankan aplikasi berat seperti game HD.

Kamera (13,1 MP belakang, VGA depan)
Xperia ZR dipersenjatai dengan kamera utama yang mempunyai lensa sebesar 13,1 MP. Pada kamera belakang ini, mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 4128 x 3096 piksel dan jika digunakan untuk melakukan perekaman, mampu menghasilkan video hingga resolusi 1080p dengan framemate 30 frame per second. Sedangkan pada kamera depan Xperia ZR hanya di persenjatai dengan lensa VGA.

Terdapat juga berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil foto atau video seperti fitur touch focus, face detection, sweep panoram, HDR, dan Geo-tagging. Geo-tagging sendiri merupakan fitur yang mampu menambahkan informasi letak geografis untuk berbagai media seperti foto, video dan website.

Jaringan (GSM/HSPA/LTE, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Radio, NFC)
Pada sektor konektivitas Anda bisa menggunakan SIMcard berbasis jaringan GSM, Anda juga bisa berada pada jaringan 4G LTE. Pada jaringan WLAN tersedia berbagai jaringan yang dapat digunakan yang diantarnya jaringan Wi-Fi a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hospot, Wi-Fi Direct, dan DNLA. Jika Anda ingin berbagi file dengan perangkat lain, Anda bisa menggunakan jaringan Bluetooth v4.0 yang di lengkapi dengan A2DP sehingga juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik melalui headset wireless.

Baterai (Li-Ion 2300 mAh)
Untuk menghidupi seluruh komponen Xperia ZR di topang dengan baterai berteknologi Li-Ion yang memiliki daya sebesar 2300 mAh. Dengan kapasitas daya yang dimiliki baterai, Anda dapat melukan penggilan hingga 11 jam pada jaringan 2G dan 13 jam pada jaringan 3G, serta Anda juga dapat mendengarkan musik hingga 45 jam. Dalam kondisi standby saja, Xperia ZR dapat bertahan hingga 470 jam pada jaringan 2G dan 520 jam pada jaringan 3G.

Kelebihan Sony Xperia ZR

  • Kamera belakang besar dan mampu menghasilkan gambar dengan resolusi besar.
  • Sudah 4G LTE
  • Telah mendapat sertifikasi IP58 (tahan debu dan tahan air)
  • Layar terdapat perlindungan Shatter Proof Glass
  • Kerapatan piksel besar
  • Prosesor tangguh
  • RAM besar
  • Memori internal besar
  • Kapasitas daya baterai besar

Kekurangan Sony Xperia ZR

  • Kamera depan masih VGA
  • Masih menggunakan teknologi TFT untuk layarnya, hanya saja masih bisa tertolong dengan teknologi Mobile BRAVIA® Engine generasi kedua.
  • Harga mahal
Jika dilihat dari keseluruhan spesifikasinya, smartphone ini sudah memiliki spesifikasi sangat bagus dari mulai segi prosesor, kamera, layar, memori, dan baterai. Walapun terdapat beberapa kekurangan yang salah satunya masih bisa tertolong yaitu layar TFT yang digunakan, harga yang mahal memang pantas dan sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Namun satu kekurangan yang nampaknya tidak bisa di antisipasi yaitu kamera depan yang menggunakan VGA, hal ini tentunya mengecewakan bagi konsumen yang suka berfoto selfy.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai spesifikasi Sony Xperia ZR beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli.

Post a Comment

0 Comments