Harga dan Spesifikasi Kelebihan Serta kekurangan Lenovo Vibe X2

Catatan Sistel - Lenovo Vibe X2 Hadir dengan desain yang aktraktif dan peforma yang impresif menjadikannya smartphone berdesain menonjol yang tidak mau ketinggalan dengan kehadiran beberapa smartphone yang lain. Bahkan Lenovo Vibe X2 menyebutkan dirinya sebagai "world first layered phone" atau smartphone pertama di dunia yang mengusung desain berbasis beberapa layar. Peningkatan spesifikasi pada Lenovo Vibe X2 terhadap produk pendahulunya terlihat pada segi peningkatan sistem operasi yang berjalan, kemampuan prosesor, hingga kemampuan kamera.

Produkan Lenovo yang juga diperlihatkan pada ajang IFA 2014 di Berlin ini, memiliki desain bodi yang sangat elegan dan terjangkau. Tapi tentunya di balik desain yang memukau tersebut, pasti terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan. Lalu seperti apakah ketangguhan Lenovo Vibe X2 yang diluncurkan pada bulan Oktober 2014 ini ? Berikut ulasan mengenai Harga dan Spesifikasi Kelebihan Serta Kekurangan Lenovo X2.

Harga
Dari segi harga, Produk Lenovo Vibe X2 ini diperjualkan dengan harga Rp. 3.700.000. Tetapi apakah harga tersebut pantas dengan spesifikasi yang diusungnya ? Simak terus artikel ini.

Gambar Lenovo Vibe X2
Paket Penjualan
Di dalam kemasan dusbook yang terdapat satu unit ponsel Lenovo Vibe X2, Anda juga akan mendapatkan aksesoris lainnya berupa headset, casing belakang, charger, kabel data, buku manual, dan kartu garansi.

Desain
Hadir dengan desain full touchscreen, Lenovo Vibe X2 memiliki dimensi ukuran panjang 140,2 mm, lebar 68,6 mm, dan tebal 7,3 mm. Sedangkan dalam urusan bobot Lenovo Vibe X2 memiliki berat sebesar 120 gram. Dengan komponen magnesium alloy yang di pakainya, berat Lenovo Vibe X2 cukup ringan untuk pengoperasian dalam sehari-hari.

Pada bagian depan, di bawah layar terdapat tiga buah tombol fisik yaitu menu, home dan back. Sedangkan di atas layar terdapat earpice dan kamera depan berada di kanannya, serta sensor proximity dan ambient ligth sensor. Di sekto belakang terdapat kamera belakang dan LED flash berada di kiri atas, sedangkan microfon sekunder untuk noise cancellation berada di kanan, di bawah terdapat logo Lenovo dan loudspeaker.

Lenovo juga membawa kombinasi lapisan logam pada meterial yang digunakannya yang disebutnya dengan multi layered alumunium alloy. Gaya yang dihadirkannya mengusung konsep kotak dan flat, berbeda dengan Lenovo Vibe X  yang lebih menggunakan konsep sudut membulat dan pada sisi atas bawah meruncing.

Dengan tampilan yang elegan, terdapat beberapa pilihan warna pada bodinya antara lain white, red, gold, dan charcoal. Kombinasi warna pada setiap layernya terlihat pas dengan saling melengkapi. Hebatnya, Kombinasi pada layernya tidak membuatnya menjadi tebal, namun smartphone ini masih termasuk tipis di kelasnya.

Mengusung konsep Unibody pada backcovernya sehingga baterai tidak bisa dilepas sendiri. Tetapi dengan konsep flat pada setiap sisi-sisinya membuat kurang begitu nyaman berada di genggaman.

Layar
Lenovo Vibe X2 memiliki layar lebar sebesar 5 inci dengan kemampuan menampilkan gambar hingga resolusi 1920 x 1080 piksel dan 16 juta warna. Layarnya juga memiliki kerapatan piksel hingga 441 ppi (pixel per inch) sehingga gambar yang di tampilkan sangat detail, jernih dan tajam. Apalagi jenis layar yang digunakan yaitu IPS LCD sehingga gambar tetap terlihat optimal walaupun dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Sensor auto brigness yang ada di dalamnya dapat mengatur kecerahan layar sesuai tingkat pencahayaan yang ada di sekitar. Jenis layar yang digunkan menusung teknologi perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3 yang dapat melindungi layar dari goresan besar. Layarnya juga mampu menerima respon hingga 10 titik inputan secara bersamaan.

Operasi Sistem
Lenovo Vibe X2 berjalan dengan sistem operasi Kitkat versi 4.4.2 yang di kombinasikan dengan Vibe 2.0 UI. Namun menurut beberapa sumber berita, Lenovo Vibe X2 tidak mengungkap ketersediaan update sistem operasi Lollipop.

Prosesor dan Memori
Dapur pacu yang dipersenjatakan Lenovo Vibe X2 menggunakan CPU Octa-core (Quad-core 2.0 GHz Cortex-A17 dan Quad-core 1,7 GHz Cortex-A7). Menggunakan chipset MediaTek MT6595. Untuk pengolahan grafisnya menggunakan GPU PowerVR G600. Dengan RAM sebesar 2 GB, Anda bisa leluasa menjalankan beberapa aplikasi berat.

Dalam urusan media penyimpanan, Lenovo memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB, tetapi Anda hanya bisa memakai ruang penyimpanan sekitar 25,67 GB karena sudah terpotong untuk sitem dan lain-lain. Namun sangat disayangkan, tidak terdapat slot memori eksternal pada Lenovo Vibe X2.

Kemera
Lenovo Vibe X2 dipersenjatai dengan kamera belakang berlensa 13 MP dengan temannya LED Flash yang dapat digunakan untuk membantu penerangan saat mengambil gambar di kondisi pencahayaan yang kurang. Kamera belakangnya mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 4160 x 3120 piksel dalam mode 4:3 dan resolusi 4096 x 2304 dalam mode 16:9. Terdapat beberapa fitur yang membantu untuk mengoptimalkan gambar antara lain Geo-tagging, autofocus, touch focus, panorama, dan HDR. Sedangkan pada kamera depan hanya dipersenjatai dengan lensa sebesar 5 MP.

Sedangkan dalam urusan video, kamera belakang mampu menghasilkan rakaman video dengan resolusi 1080p dan 30 fps (frame per second).

Jaringan
Dalam segi konektivitas jaringan, Lenovo Vibe X2 mengusung jaringan 4G LTE yang merupakan jaringan tercepat saat ini. Dengan menghadirkan Dual SIM, namun agak berbeda dengan smartphone Dual SIM lainnya dimana pada Lenovo Vibe X2 terdapat satu slot untuk microSIM dan satu slot lagi untuk nanoSIM. Untuk menjelajahi inernat Anda juga dapat menggunakan jaringan Wi0Fi 802.11 a/b/g/n dengan DLNA. Untuk berbagi jaringan dengan perangkat lain Anda dapat memanfaatkan Wi-Fi Hospot.

Sedangkan untuk berbagi data, Anda dapat menggunakan Bluetooth v4.0, EDR dan LE yang dilengkapi A2DP sehingga Anda dapat mendengarkan musik melalui handfree wireless.

Baterai
Baterai yang ada menggunakan Jenis Li-Po dengan konsep Non-reomovable sehingga baterai tidak dapat dilepas sendiri kecuali di bawa ke tempat service. Dengan kapasitas daya sebesar 2300 mAh, Lenovo Vibe X2 ini dapat berada dalam mode standby hingga 228 jam di jaringan 2G dan 216 di jaringan 3G, Anda juga dapat menggunakan untuk kegiatan menelfon hingga 17 jam di jaringan 2G dan 19 jam di jaringan 3G.

Kelebihan Lenovo Vibe X2
  • Desain premium multi layered
  • Kemera belakang 13 MP
  • Sudah 4G LTE
  • Media penyimpanan internal 32 GB
  • Prosesor Octa-core
  • Kerapatan piksel tinggi 441 ppi
  • Layar IPS LCD
  • Perlindungan layar Corning Gorilla Glas 3
Kekurangan Lenovo Vibe X
  • Tidak terdapat slot microSD
  • Kapasitas baterai kecil
  • Belum suport USB on-the-go
  • Belum suport NFC

Post a Comment

0 Comments