Bahaya Radiasi Hp dan Cara Mengantisipasinya

Bahaya Radiasi Smartphone - Pada era modern saat ini, perkembangan teknologi melesat begitu cepat. Penggunaan dan pemanfaatan alatnya pun beragam yang pada intinya semua itu bertujuan untuk memudahkan kita sebagai pemakai dalam beraktivitas di kehidupan sehari - hari. Hal ini memang sangat dibutuhkan bagi kegiatan pada manusia di zaman sekarang mengingat pekerjaan yang dilakukan tidak hanya harus cepat namun juga akurat. Tetapi tentunya peralatan teknologi yang digunakan tidak semuanya memberikan dampak positif dalam kehidupan kita, justru jika kita tidak mengetahui timbal balik atas pemakaian peralatan teknologi tersebut malah akan berdampak negatif kepada diri kita. Salah satu contohnya adalah bahaya meletakkan HP di dalam saku.

Ya, meletakkan HP di dalam saku jika dilakukan secara berkala dan terus berulang - ulang akan memberikan dampak negatif pada diri kita. Banyaknya kalangan dari anak kecil mungkin hingga orang tua tidak tahu akan bahaya tersebut atau mungkin mengabaikan bahaya tersebut. Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya, mengapa meletakkan HP di dalam saku berbahaya bagi kita ? Nah, mari kita ulas bersama jawaban dari pertanyaan tersebut.

HP merupakan perangkat elektronik yang mampu menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik untuk bertukar data dengan pemancar seluler atau sering di sebut BTS. Gelombang elektromagnetik memiliki kecepatan sama dengan kecepatan cahaya. Nah radiasi  gelombang elektromagnetik inilah yang dapat membahayakan kesehatan kita. Namun Anda tidak perlu langsung membuang HP Anda karena takut akan bahaya radiasi dari gelombang elektromaknetik yang dipancarkannya. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa sebenarnya radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan HP tidaklah berbahaya jika kita tidak sering berdekatan HP. Karena tentunya para pakar teknologi untuk produksi HP sudah memikirkan dampak dari radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh HP sehingga mereka tidak asal - asalan memproduksi HP begitu saja. Namun radiasi tersebut bisa menjadi berbahaya terhadap kita apabila kita sering berdekatan dengan HP dalam sehari penuh, misalkan saja Anda meletakkan HP di saku jika tidak dipergunakan, meletakkan HP di dekat bantal saat Anda tidur, dan masih banyak lagi kegiatan - kegiatan yang berhubungan dengan dekatnya posisi HP terhadap tubuh kita. Nah hal ini lah yang harusnya kita hindari dan kita antisipasi agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap diri kita. Namun apa sih sebenarnya dampak negatif yang ditimbulkan jika kita sering meletakkan HP di dalam saku ?

Bahaya Radiasi Smartphone
Radiasi yang di timbulkan oleh gelombang elektromagnetik jika terus - menerus menghantam tubuh kita dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kita. Hal ini tergantung bagaimana kita meletakkan HP dalam saku. Jika HP diletakkan di saku baju maka jika di lakukan secara berulang - ulang akan mengalami gangguan kesehatan pada jantung dan payudara. Namun Jika meletakkan HP di dalam saku celana maka akan mengalami gangguan kesehatan pada produktivitas sperma pada kaum pria dan gangguan kehamilan pada wanita. Dan jika Anda sering menggunakan HP untuk menelpon kemudian saat tidur Anda meletakkannya di dekat kepala Anda hal ini lebih membahayakan lagi karena dapat merusak sistem saraf pada otak. Tentunya hal buruk tersebut tidak ingin Anda alamami bukan. Namun bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut ?

Memang hal yang sudah dijelaskan di atas menjadi momok bagi sebagian masyarakat yang sudah mengetahui dampak negatif penggunaan HP secara berlebihan. Namun bukan berarti hal tersebut tidak ada solusinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif radiasi HP.

  1. Jangan menggunakan atau meletakkan HP di dekat tubuh kita ketika sinyal HP lemah. Ketika sinyal HP lemah, HP akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal terbaik dan hal ini membuat HP mengeluarkan radiasi yang semakin besar.
  2. Jangan terlalu lama menelpon. Hal ini dapat mengurangi kontak langsung terhadap HP karena HP akan bekerja ekstra melakukan pengiriman dan penerimaan data kepada BTS sehingga radiasi yang dikeluarkannya pun juga besar. Sebisa mungkin melakukan panggilan seperlunya saja, atau Anda bisa menggunakan pengiriman pesan teks jika tidak terlalu penting di sampaikan.
  3. Saat HP berada pada posisi stand-by atau menyala jangan meletakkan HP di dekat tubuh seperti meletakkan HP di dalam saku. Perusahaan produksi Appel pernah menyarankan bahwasannya pengguna HP sebaiknya agar meletakkan HP agak berjauhan dengan tubuh minimal jarak 10 milimeter terhadap tubuh. Perusahaan BlackBerry juga menyarankan untuk meletakkan HP minimal jarak 25 milimeter terhadap tubuh.
  4. Matikan jaringan Bluetooth jika tidak digunakan. Penggunaan Bluetooth juga dapat menimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik.
  5. Jangan meletakkan HP di dekat tubuh ketika tidur. Banyak diantara kita yang menyepelekan hal tersebut. Beberapa dari kita mungkin hal ini menjadi kebiasaan terutama bagi orang yang tidak bisa lepas dan ketinggalan dari penggunaan sosmed yang selalu ingin sekedar mengecek chat yang masuk atau membalas chating dan update status.
  6. Gunakan cassing anti radiasi. Sekarang sudah banyak cassing anti radiasi yang beredar di pasaran. Bahkan juga kabarnya ada stiker anti radiasi. Dalam pengujian yang dilakukan oleh majalah Wired menyebutkan bahwa pemakaian cassing anti radiasi dapat membatasi radiasi dari HP hingga 66,7 %.
HP merupakan perangkat yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia saat ini. Namun penggunaan HP yang baik dan benar seharusnya menjadi perhatian khusus bagi penggunanya mengingat bahaya radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkannya. Pemakaian HP secara bijak dapat menyelamatkan kesehatan Anda atau mungkin keluarga dan orang - orang di sekitar Anda. Maka dari itu dimulai dari diri sendiri marilah membatasi penggunaan HP secara belebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Bahaya Radiasi HP terhadap diri kita, semoga dapat memberikan wawasan lebih bagi Anda. Nantikan perkembangan informasi dari kami seputar teknologi yang akan kami berikan kepada Anda.

Post a Comment

0 Comments