Spesifikasi iPhone 6 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi iPhone 6

Catatan Sistel - iPhone 6 diluncurkan dan dipasarkan oleh vendor ternama yaitu Apple. iPhone 6 merupakan produk smartphone terbaru Apple yang diluncurkan pada bulan September 2014. iPhone 6 merupakan generasi penerus dari varian iPhone sebelumnya. Tentunya Apple tidak sembarangan merancang produk-produk terbarunya demi memuaskan konsumen. Banyak yang menantikan kehadiran iPhone 6 yang digadang-gadang memiliki spesifikasi yang lebih tanggunh dari generasi sebelumnya. Tetapi belakangan setelah produk iPhone telah hadir di pasarnya, kabarnya ada konsumen yang kecewa akan spesifikasi yang dibawa oleh iPhone 6 ini. Lalu seperti apakah spesifikasi iPhone 6 yang sebenarnya? Mengapa ada konsumen yang kecewa akan kehadiran iPhone 6 ? Apakah benar produk iPhone 6 kurang memuaskan. Berikut ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan iPhone 6.

Desain
iPhone 6
Gambar iPhone 6
Memiliki ukuran dimensi dengan panjang 138,1 mm, lebar 67 mm, dan ketebalan yang begitu tipis yakni 6,9 mm. Sedangkan untuk bobotnya sendiri iPhone 6 memiliki berat 129 gram dimana terasa sedikit lebih berat dari iPhone 5S. 

Desain fisiknya begitu terlihat mewah dan stylish. Anda akan merasa lebih percaya diri ketika sedang menggenggam iPhone 6 ini di hadapan kawan-kawan. Terdapat beberapa pilihan warna pada bodinya diantaranya adalah warna ruang abu-abu, perak, dan emas.

Pada bagian sudut-sudutnya dibuat sedikit lebih membulat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk letak tombol dan portnya sedikit mengalami perubahan pada bagian tombol Powernya. Posisi tombol Power berpindah berada di bagian kanan. Sedangkan pada bagian atas nampak polos, tidak dijumpai port dan tombol. Untuk tombol Mute dan volume pun masih tetap berada di sisi kiri yang berurutan posisi tombol Mute berada di paling atas kemudian disusul tombol volume plus dan minus di bawahnya. Di area bawah terdapat port 3,5 mm audio jack dan Port USB V4.0 serta lubang speaker yang berada di samping port USB.

Pada atas layar masih terdapat lubang speaker untuk melakukan panggilan dan di bawah layar terdapat tombol Home yang dilengkapi dengan sensor Fingerprint. Untuk bagian Belakang masih menunjukkan khas iPhone dimana terdapat lensa kamera di sudut kiri atas yang ditemani dengan LED flash serta logo Apple yang berada di tengah-tengah bodi.

Layar
Layar yang digunakan bukan layar yang terbuat dari material batu safir, akan tetapi layar yang digunakan adalah layar berteknologi LED backlit IPS LCD. Tetapi layarnya telah dimodifikasi polarizer sehingga layar tetap lebih mudah dilihat ketika menggunakan kaca mata hitam.

Dengan ukuran layar sebesar 4,7 inci yang mampu menampilkan gambar dengan resolusi hingga 750 x 1334 piksel dengan 16 juta warna, layarnya memiliki kerapatan piksel hingga 326 ppi (piksel per inch). Pada bagian layarnya, diberi pelindung layar Shatter Proof Glass dan Oleophobic Coating yang dapat melindungi layar dari goresan dan jejak bekas jari.

Operasi Sistem
iPhone 6 berjalan pada sistem operasi iOS 8 yang sudah dapat diupgrade pada sistem operasi iOS 8.1.2.

Prosesor dan Memori
Apple membenamkan CPU Dual-core Cyclone dengan kecepatan 1,4 GHz tentunya dirasa kurang untuk kelasan harga yang tinggi. Dengan dapur pacu menggunakan chipset Apple A8 dan pemprosesan grafis PowerVR GX6450. Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi dengan RAM sebesar 1 GB.

Untuk memori internal tersedia beberapa pilihan yakni 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Sayang tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal.

Kamera
iPhone 6 dipersenjatai dengan kamera belakang 8 MP yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 3264 x 2448 piksel dengan ditemani LED flash yang dapat digunakan jika melakukan pemotretan di kondisi gelap. Pada kamera belakang juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik diantaranya yakni phase detection autofocus, HDR (panorama), face/smile detection yang mampu mendeteksi wajah dan senyuman objek yang akan difoto, simultaneous HD video dan image recording yang memungkinkan melakukan pemotretan walupun sedang melakukan rekaman, serta Geo-tagging yang berfungsi menambahkan identifikasi geografis untuk berbagai media seperti foto, video, website dan sebagainya. Sedangkan untuk kamera depan dipersenjatai dengan lensa 1,2 MP dengan fitur face detection dan HDR.

Untuk melakukan rekaman video, kamera belakang mampu menghasilkan video dengan resolusi full HD 1080p dengan 60 fps (frame per inch) dan 720p dengan 240 fps. Sedangkan untuk kamera depan mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 720p dengan 30 fps.

Fitur Unggulan
Terdapat beberapa fitur unggulan di dalamnya, diantaranya ada fitur acelerometer dan gyro yang mampu membaca derajat kemiringan smartphone sehingga fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menyeting auto rotate layar atau untuk bermain game. Kemudian ada proximity yang berfungsi mematikan layar smartphone ketika dipakai untuk melakukan panggilan saat layar di dekatkan ke telinga. Ada lagi barometer yang dapat membaca tekanan udara di sekitar. Fitur yang tak kalah menarik adalah fingerprint di mana pengguna akan dapat meningkatkan sistem keamanan smartphonenya dengan menggunakan pemindai sidik jari.

Jaringan
Smartphone yang mewah tentu tidak akan lengkap jika belum dilengkapi dengan konektivitas yang maksimal. iPhone 6 dilengkapi dengan slot SIMcard yang bisa berada pada jaringan 3G atau 4G LTE. Anda juga dapat menggunakan Wi-Fi a/b/g/n/ac, dual-band, dan Wi-Fi hospot untuk menjelajahi internet atau berbagi jaringan dengan perangkat lain. Jika ingin berbagi data antar perangkat, Anda juga bisa memanfaatkan bluetooth v4.0 yang dilengkapi dengan A2DP sehingga Anda dapat mendengarkan lagu menggunakan headphone wireless.

Prot
Hanya terdapat dua buah port yang tersemat di pinggiran iPhone 6 yaitu port USB v4.0 dan port 3,5 audio jack.

Baterai
iPhone 6 mempunyai baterai dengan kapasitas 1810 mAh dengan jenis Li-Po yang dibuat Non-removable sehingga tidak dapat dibuka sendiri. iPhone 6 bisa bertahan pada kondisi standby hingga 250 jam di jaringan 3G dan mampu bertahan hingga 14 jam di jaringan 3G untuk melakukan panggilan. Sedangkan untuk mendengarkan musik, iPhone 6 mampu bertahan hingga 50 jam.

Kelebihan
  • Laya besar dan body tipis
  • Terdapat sensor fingerprint
  • Terdapat sensor barometer
  • Baterai tahan lama
  • Layar tajam dan jernih
  • Hasil kamera yang memuaskan
Kekurangan
  • Harga terlalu mahal dibandingkan spesifikasi yang setara dengan smartphone lain
  • Tidak terdapat perubahan yang signifikan dibanding produk pendahulunya
  • Dari beberapa kasus, bodi mudah bengkok saat diletakkan di saku celana
  • Tidak terdapat slot memori eksternal
  • Prosesor masih Dual-core


Harga iPhone 6 By  
Lazada.com
Harga iPhone 6 By 
Blibli.com
Rp. 7.125.000
Rp. 7.925.000

#
Gratis Ongkos Kirim

Post a Comment

0 Comments