Spesifikasi BlackBerry Z30 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi BlackBerry Z30

Catatan Sistel - Setelah meluncurkan beberapa seri produknya, kali ini BlackBerry kembali menyuguhkan produk terbarunya yaitu BlackBerry Z30. Pada setiap produk terbaru yang diluncurkan BlackBerry memang memiliki perbedaan masing-masing. Smartphone yang diproduksi asal Kanada ini telah membawa banyak perubahan dari seri sebelumnya, diantaranya perubahan pada layar dan kapasitas baterai. Lalu bagaimanakah spesifikasi BlackBerry Z30 ini? Berikut Ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan BlackBerry Z30 yang berhasil SISTEL rangkum dari beberapa sumber di internet dan media cetak.


Peket Penjualan
Anda akan mendapatkan headset stereo, charger, kabel data microUSB, dan kartu garansi dalam pembeliannya.

Desain
BlackBerry Z30
Gambar BlackBerry Z30
Ukuran dimensi yang dimiliki BlackBerry Z30 adalah panjang 110 mm, lebar 60mm, serta tebal 9,4 mm. Sedangkan dari segi berat, BlackBerry Z30 memiliki bobot sebesar 170 gram.

Desain yang disuguhkan BlackBerry Z30 terlihat begitu elegan, hanya saja ukurannya nampak terlalu tebal jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasan harga segitu. Untuk bagaian sudut-sudutnya terlihat mirip dengan BlackBerry Z10, tetapi pada  BlackBerry Z30 dibuat lebih membulat. Namun bodi yang terbuat dari material plastik terasa berbeda saat berada di genggaman.

Pada bagian atas terdapat lubang audio 3,5 mm untuk menyambungkan perangkat dengan handsat dan terdapat tombol power. Di sisi sebelah kiri terdapat port USB yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai atau charging dan untuk menyambungkan kabel data. Serta terdapat juga port micro HDMI yang bisa digunakan untuk menghubungkan BlackBerry dengan perangkat lain seperti proyektor atau monitor. Di sebelah kanan terdapat tombol pengaturan volume plus dan minus serta tombol pause/play. Sedangkan pada bagian bawah terdapat loud speaker yang bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan musik lebih kencang atau sekedar bermain game.

Di sisi depan terdapat kamera depan yang didampingi dengan lampu indikator yang akan menyala ketika menerima pesan masuk, transfer menggunakan bluetooth, dan low battery serta terdapat juga sensor proximity yang tidak kelihatan letaknya. Dan di area bawah layar tercetak logo serta nama BlackBerry.
Untuk bagian belakang Anda akan menemui kamera serta LED flash yang letaknya berdekatan pada sudut kiri atas. Serta logo BlackBerry yang berada tepat di tengah-tengah bodi.

Layar
Jenis layar yang digunakan BlackBerry Z30 adalah Super AMOLED dengan 16 juta warna yang mampu menampilkan gambar hingga resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 294 ppi (pixel per inch). Lebar layarnya sendiri sebesar 5 inci yang dikabarkan merupakan layar paling besar di kelasannya. Tentunya dengan layar sebesar 5 inci akan memuaskan pengguna dalam menonton video atau bermain game.

Operasi Sistem
Untuk operasi sistemnya, BlackBerry berjalan di OS BlackBerry 10.2 yang sudah dapat diupdgrade pada operasi sistem BlackBerry 10.2.1.

Prosesor dan Memori
Dapur pacu yang dibawa oleh Blackberry Z30 ini dirasa cukup memenuhi. Menggunakan CPU Dual-core 1,7 GHz Krait, Chipset Qualcomm MSM8960T Pro Snapdragon, dan GPU atau pemrosesan grafis Anderno 320. Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi berat dengan RAM yang telah disediakan sebesar 2 GB.

Untuk media penyimpanan, tersedia memori internal berkapasitas 16 GB dan terdapat slot memori ekternal microSD hingga 64 GB.

Kamera
BlackBerry Z30 dipersenjatai kamera belakang dengan lensa 8 MP yang mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 3264 x 2448 piksel dan ditemani LED flash yang dapat membantu penerangan di saat memotret dalam keadaan gelap. Pada kamera belakang dilengkapi dengan fitur autofocus yang mampu mengatur tingkat kefokusan kamera secara automatis, face detection di mana kamera mampu membaca wajah objek foto yang akan dipotret, HDR (High Dynamic Range) yang di mana kamera mampu memaksimalkan hasil detail gambar pada saat pencahayaan terlalu banyak atau pun terlalu sedikit, Geo-tagging yang berfungsi menambahkan identitas geografis untuk berbagai media seperti video, internet, dan foto. Sedangkan pada kamera depan, BlackBerry dipersenjatai dengan lensa 2 MP.

Dalam hal mengabadikan momen menggunakan video, kemera depan mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p dengan 30 fps (frame per second). Sedangkan kamera depan mampu menghasilkan video dengan resolusi 720p dengan 30 fps.

Fitur Unggulan
BlackBerry Z30 dilengkapi dengan beberapa fitur yang juga banyak digunakan oleh beberapa smartphone lainnya. Diantara fitur-fitur yang dibenamkan ada fitur acelerometer dan gyro yang dapat membaca derajat kemiringan posisi smartphone sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengaturan layar dan bermain game. Kemudian ada Proximity yang mampu menghemat konsumsi baterai dengan cara mematikan layar ketika smartphone digunakan untuk melakukan panggilan saat diletakkan di telinga. Dan Documen editor yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit atau sekedar membuka dokumen yang disimpan dalam bentuk Microsoft Office.

Jaringan
Pada slot SIMcard BlackBerry, hanya dapat digunakan untuk SIMcard GSM. Anda juga dapat berada pada jaringan HSDPA dan 4G LTE. Anda juga dapat memanfaatkan Wi-Fi a/b/g/n dual-band untuk menjelajahi internet dan Wi-Fi hospot untuk berbagi jaringan dengan perangkat lain. Untuk berbagi berbagai file, Anda dapat memanfaatkan Wi-Fi Direct dan bluetooth v4.0 yang dilengkapi dengan A2DP yang memungkinkan Anda mendengarkan musik melalui headset wireless. Terdapat juga Radio FM yang bisa manfaatkan jika ingin mendengarkan siaran radio favorit Anda.

Port
Sama dengan kebanyakan smartphone lainnya, pada BlackBerry Z30 hanya terdapat dua buah port yaitu port microUSB v2.0 dan port audio jack 3,5 mm.

Baterai
Untuk model baterainya, BlackBerry Z30 dibuat Non-removable dimana Anda tidak bisa membukanya sendiri kecuali dibawa ke tempat service. Jenis baterai yang digunakan adalah Li-Ion yang mempunyai kapasitas 2880 mAh. Pada kondisi standby, baterainya mampu bertahan hingga 384 jam di jaringan 3G dan untuk melakukan panggilan, baterainya mampu bertahan hingga 25 jam di jaringan 2G dan 18 jam di jaringan 3G.

Kelebihan
  • Kapasitas baterai besar dan tahan lama
  • Layar lebar 5 inci
  • Sudah 4G LTE
  • Suara jernih
  • Menggunakan OS BlackBerry 10.2
  • Terdapat Wi-Fi Direct
Kekurangan
  • Baterai Non-removable
  • Bodi terbuat dari material plastik
  • Terasa berat ketika digenggam

Post a Comment

0 Comments