Harga BlackBerry Z3 Jakarta Serta Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

BlackBerry Z3 Jakarta resmi diluncurkan pada bulan Februari 2014. Smartphone yang diberi kode dengan nama Jakarta ini memang dibuat untuk menyasar pasar smartphone di negara berkembang seperti Indonesia. Munculnya smartphone ini menjadi perhatian khusus di banyak kalangan khususnya bagi pecinta produkan asal Kanada tersebut yaitu BlackBerry. Pasalnya, Jereon pada BlackBerry Z3 Jakarta tersebut memiliki spesifikasi yang lumayan dengan harga pembelian yang bersahabat. Lantas seperti apakah spesifikasi yang di suguhkan oleh smartphone tersebut? Berikut ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan BlackBerry Z3 Jakarta.

Harga
Baru : Rp. 2.150.000
Bekas : Rp. 1.800.000
Jual Kembali : Rp. 1.600.000
Lihat harga terbaru di sini

Paket Penjualan
Di dalam kotak dusbook, selain akan menjumpai unit ponsel BlackBerry Z3 Jakarta, Anda akan mendapatkan beberapa aksesoris tambahan seperti manual book, kartu garansi, kabel data, adaptor, dan juga handset yang semuanya berwarna hitam.

Desain
Pada bentuk fisik BlackBerry Z3 Jakarta memiliki panjang 140 mm, lebar 72,8 mm, tebal 9,3 mm, dan berat 164 gram.

Material yang digunakan pada bodinya terbuat dari plastik, walaupun begitu desain yang diusung membuat tampilan smartphone ini sangat elegan tentunya jauh dari kesan murahan. Sekilas jika dilihat smartphone ini mirip Sony Experia yang minim akan lekukan pada sudut-sudutnya alias tampak kotak

Jika diamati dari sekeliling bodinya, pada bagian atas bertengger sebuah port 3,5 mm audio jack yang berada sendirian tepat di sebelah kiri. Kemudian pada bagian kiri secara berurutan dari atas ke bawah terdapat tombol Power, tombol pengaturan volume +, tombol play/pause, dan tombol pengaturan volume -, dan pada bagian kiri terdapat slot SIMcard dan microSD yang berada pada satu penutup lubang. Sedangkan pada bagian bawah hanya terdapat port microUSB yang berada ditengah dan lubang kecil untuk microphone.

Jika dilihat antar muka, di atas layar selebar 5 inci tersebut terdapat kamera depan, phone speaker untuk telfon, sensor array, dan LED notifikasi yang berurutan letaknya dari kiri ke kanan. Sedangkan pada bagian back cover yang dirancang dengan konsep unibody, terdapat kamera belakang yang ditemani LED flash berada di sudut kiri atas dan spaker yang berada di sudut kiri bawah.

Layar
Bagi Anda yang gemar menonton video di you tube lewat smartphone, BlackBerry Z3 Jakarta memberikan kenyamanan dalam hal tersebut dengan lebar layar sebesar 5 inci yang mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 540 x 960 piksel dengan kerapatan piksel hingga 220 ppi (piksel per inch). Pada layarnya pun tidak terdapat satu pun tombol fisik yang biasanya berada di bawah layar.

Operasi Sistem
BlackBerry Z3 Jakarta ini berjalan dengan operasi sistem terbaru yaitu 10.2.1. Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki sehingga pembeli tidak perlu lagi mengupgrade operasi sistemnya.

Prosesor dan Memori
Dapur pacu yang ada di PCB smartphone ini mengkolaborasikan antara CPU Dual-core 1,7 GHz Krait dengan chipset Qualcomm MSM8960T Pro Snapdragon dan GPU atau pemrosesan grafis Adreno 305. Alhasil Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi dengan RAM sebesar 1,5 GB.

Untuk medai penyimpanan, BlackBerry Z3 Jakarta memiliki memori internal sebesar 8 GB dan Anda dapat menambahkan memori eksternal berupa microSD hingga 32 GB.

Kamera
BlackBerry Z3 Jakarta dipersenjatai dengan kamera belakang berlensa 5 MP yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 2592 x 1944 piksel. LED flash bisa juga dimanfaatkan jika ingin memotret dalam pencahayaan yang kurang. Terdapat fitur HDR yang dapat memaksimalkan hasil pemotretan dalam kondisi pencahayaan yang berlimpah. Sedangkan pada kamera depan BlackBerry Z3 Jakarta dipersenjatai dengan lensa 1,1 MP.

Untuk mengabadikan momen lewat video, kamera belakang mampu mengambil rekaman dengan resolusi 1080p dan 30 fps (frame per piksel). Sedangkan untuk kamera depan dapat menghasilkan rekaman dengan resolusi 720p dengan framemate 30 fps.

Fitur unggulan
Salah satu fitur yang menarik dari BlackBerry Z3 Jakarta ini adalah dapat menjalankan aplikasi Android dalam bentuk file APK tanpa perlu dikoversi dulu ke file BAR. Karena pada operasi sistem yang disematkan di dalam smartphone ini terdeteksi Android Runtime versi 4.2.2 Jelly Bean, maka Anda hanya dapat menginstal dan menjalankan aplikasi yang dibuat untuk platform Android 4.2.2 Jelly Bean ke bawah.

Jaringan
Pada slot SIMcardnya dapat dipasang SIMcard GSM dan Anda bisa berada di jaringan 3G. Untuk menjelajahi internet Anda dapat menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dual-band. Jika ingin berbagi jaringan dengan perangkat lain Anda bisa mengaktifkan Wi-Fi hospot, dan jika ingin menghubungkan perangkat dengan perangkat yang lain Anda juga bisa mengaktifkan Wi-Fi Direct. Untuk berbagi file melalui bluetooth tersedia versi 4 yang dilengkapi dengan A2DP sehingga Anda dapat mendengarkan musik melalui handset wireless.

Port
Pada portnya sama dengan kebanyakan smartphone yang lain, dimana hanya terdapat port audio jack 3,5 mm untuk terminal handset dan microUSB v2.0 untuk terminal kabel data atau charger.

Baterai
Berjenis Li-Ion yang berkapasitas 2500 mAh, baterai didesain dengan konsep Non-removable yang artinya tidak bisa dilepas sendiri kecuali dibawa ke tempat service. Dengan kapasitas sebesar itu, baterainya mampu bertahan dalam mode standby selama 384 jam, dan dapat bertahan untuk melakukan panggilan  hingga 15 jam 30 menit. Dalam memutar musik juga sanggup bertahan lama hingga  84 jam.

Kelebihan
  • Desain elegan
  • Menggunakan operasi sistem terbaru
  • Bisa diinstal aplikasi APK
  • Baterai tahan lama
Kekurangan
  • Belum 4G LTE
  • Tidak mendukung USB on-the-go
  • Kamera depan berlensa kecil
  • Baterai Non-removable

Post a Comment

0 Comments