Harga BlackBerry Z10 Serta Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

BlackBerry Z10 merupakan smartphone besutan BlackBerry yaitu perusahaan asal Kanada yang secara resmi diluncurkan pada bulan Maret 2013. Sebelum secara resmi Z10 dirilis, BlackBerry harus rela tersingkirkan kedudukannya dalam pasar mobile karena kuatnya dominasi smartphone ber OS Android dan iOS di pasaran. Akan tetapi setelah rilisnya BlackBerry Z10, keadaan itu mulai perlahan terus membaik. Pasalnya menurut beberapa kajian yang diambil dari forbes, kurang lebih sekitar 45% pengguna smartphone Android dan iOS beralih menggunakan BlackBerry Z10. Hal tersebut tentunya dapat mengembalikan kejayaan BlackBerry yang sempat menurun. Lalu seperti apakah jeroan BlackBerry Z10 ini hingga mampu mengambil hati para pengguna OS Android dan iOS. Berikut ulasannya mengenai spesifikasi, kelemahan, dan kelebihan BlackBerry Z10.


Harga
Baru : Rp. 3.000.000
Bekas : Rp. 2.300.000
Jual Kembali : Rp. 2.000.000

Desain
Bentuk asal yang dibawa oleh BlackBerry Z10 sangat berbeda dengan generasi pendahulunya. Layar besar memberikan tampilan yang lega dengan mengusung konsep full touchsreen yaang artinya Anda tidak akan menjumpai tombol fisik yang berada di bawah layar pada kebanyakan smartphone lain. Material yang digunakan untuk bagian depannya adalah plastik dove dan plastik berlapis karet pada bagian back covernya.

Ukuran demensi yang dimiliki BlackBerry Z10 adalah panjang 119,6 mm, lebar 65,6 mm, tebal 9 mm. Untuk ukuran bobotnya yaitu 137 gram. Ada dua pilihan warna yang tersedia untuk bodinya yaitu putih dan hitam.

Pengamatan yang dilihat dari sekeliling bodinya, pada bagian atas terdapat lubang atau port headset audio 3,5 mm dan tombol Power. Di sisi kanan, terdapat tiga buah tombol pengaturan suara yaitu dua buah tombol volume +/- dan satu tombol play/pause sedangkan di sisi kairi terdapat port HDMI dan port microUSB. Pada bagian bawahnya sendiri hanya terdapat lubang Speaker. Untuk tampilan interfacenya, di atas layar terdapat Speaker Phone yang berada ditengah dan di susul kamera depan dan LED notifikasi pada sebelah kanannya, logo dan tulisan BlackBerry berada di bawah layar. Di bagian back Cover, kemera belakang dan LED flash bertengger di sudut kiri atas dan  logo khas BlackBerry berada tepat di tangah-tengah back cover.

Layar
BlackBerry Z10 dibekali dengan kemampuan tampilan layar jernih dengan resolusi 768 x 1280 piksel. Dengan lebar layar sebesar 4,5 inci dan mempunyai kerapatan hingga 335 ppi (piksel per inch) tampilan layarnya yang disuguhkan sangat memuaskan. Untuk protecktor yang digunakan pada layarnya kami masih belum mengetahui, akan tetapi dari informasi yang kami dapatkan bahwa layarnya tetap aman tanpa goresan ketika ditaruh dalam saku celana bersama dengan beberapa kunci di dalamnya.

Operasi Sistem
BlacbBerry Z10 berjalan pada operasi sistem BlacBerry 10 dan sudah dapat diupgrade ke versi 10.2.1

Prosesor dan Memori
Dapur pacu yang dibawa oleh BlackBerry Z10 mengkolaborasikan antara CPU Dual-core 1,5 GHz Krait, chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon, dan GPU atau pemrosesan grafis Adreno225 sehingga Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi berat dengan RAM sebesar 2 GB.

Media penyimpanan internal yang ditanamkan pada BackBerry Z10 mempunyai kapasitas sebesar 16 GB dan Anda dapat menambahkan memori eksternal berupa misroSD dengan kapasitas hingga 64 GB.

Kamera
BlackBerry Z10 dipersenjatai dengan kamera belakang berlensa 8 MP yang dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 3264 x 2448 piksel. Anda juga dapat menggunakan LED flash untuk membantu penerangan ketika memotrek dikondisi yang gelap atau pencahayaan yang kurang. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini dipersenjatai dengan kamera berlensa 2 MP. Fitur yang disuguhkan untuk aktivitas pengambilan gambar diantaranya adalah fitur face detection yang dimana kamera mampu mendeteksi wajah objek yang akan dipotret, fitur HDR yang mampu mengoptimalkan hasil jepretan ketika memfoto di kodisi pencahayaan yang berlimpah atau kurang, fitur Geo-tagging yang dapat menambahkan identifikasi goegrafis pada file gambar atau video.

Untuk perekaman video, kamera belakang mampu menghasilkan rekaman dengan resolusi 1080p dengan framemate 30fps, sedangkan kamera depan mampu menghasilkan rekaman dengan resolusi 720p dengan framemate 30fps.

Fitur Unggulan
Pada fitur BBM pada Blackberry Z10 memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan banyak hal dengan cepat, Video chat dan Voice call juga dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Fitur-fitur yang lain juga dapat dijumpai seminyal photo viewer/ editor, Document viewer, video editor,  BlackBerry maps. Terdapat beberapa sensor yang dapat mendukung kinerja smartphone ini diantaranya adalah accelerometer, gryo, proximity, dan compass. Yang unik dari semua fitur adalah adanya port HDMI, port HDMI ini sangat berguna untuk menampilkan gambar di layar eksternal yang lebih besar.

Jaringan
Pada slot microSIM, Anda hanya dapat manggunakannya untuk SIMcard GSM. Namun begitu, Anda dapat berada pada jaringan 4G LTE yang tentunya memiliki kecepatan akses data yang lebih cepat dari pada 3G. Jaringan Wi-Fi a/b/g/n dual-band dapat Anda manfaatkan untuk menjelajahi internet, Anda juga dapat berbagi jaringan dengan perangkat lain dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi hospot.

Port
Selain terdapat dua port umum yang sudah biasa digunakan pada kebanyakan produk smartphone yaitu port microUSB dan port audio jack 3,5 mm. Terdapat juga port HDMI yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan gambar dari ponsel ke perangkat layar eksternal yang lebih besar.

Baterai
BlackBerry Z10 ditompang dengan baterai berkapasitas 1800 mAh berjenis Li-Ion. Dalam keadaan standby, baterainya bisa bertahan dalam jangka waktu hingga 312 jam. Jika digunakan untuk melakukan panggilan, baterainya mampu bertahan hingga 10 jam.

Kelebihan
  • Terdapat port HDMI
  • Mendukung jaringan 4G
  • Layar tajam ~355 ppi
  • Media penyimpanan internal yang besar
Kekurangan
  • Bobot terlalu berat
  • Kamera depan kecil
  • Bagi sebagian orang mempermasalahkan konsep touch and type karena menyulitkan saat pengetikan

Post a Comment

0 Comments