Spesifikasi Nexian Journey | Kelebihan dan Kekurangannya

Nexian Journey - Setelah kemarin Catatan Sistel memberikan mengulas tentang Mito Impact A10 yang juga merupakan salah satu produk dari Android One, kini kami akan memberikan informasi mengenai Spesifikasi Nexian Journey Serta Kelebihan dan Kekurangannya. Berkut informasinya bisa Anda baca di bawah ini.

Nexian Journey merupakan smartphone produk dari Android One selain kedua saudaranya yang lain dari vendor yang berbeda (Evercoss One X dan Mito Impact A10). Sama halnya dengan kedua saudaranya tersebut, spesifikasi yang diusung pun tak jauh berbeda. Hanya saja mungkin yang kelihatan sedikit menonjol perbedaannya adalah desain bodi yang diusung.

Dipersenjatai dengan kamera berlensa 5 MP, layar yang sudah menggunakan teknologi IPS LCD Capacitive dan yang paling menarik adalah operasi sistem yang menggunakan Android Lollipop v5.1 merupakan gambaran dari keunggulan yang dimiliki oleh smartphone ini. Namun walaupun spesifikasi yang diusung erbilang baik, harga yang ditawarkan untuk smartphone ini ramah dikantong, bahkan untuk varian Nexian Journey ini merupakan smartphone yang memiliki harga paling murah diantara ke tiga smarphone Android One yang ada, harganya sekitar 1 jutaan.

Lalu apa lagi kehebatan yang ada pada sartphone ini ? pada dasarnya tidak banyak perbedaan dari segi spesifikasi dibanding kedua saudaranya tersebut, namun untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak informasinya di bawah ini.

Spesifikasi Nexian Journey Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Nexian Journey
Gambar Nexian Journey

desain | layar | operasi sistem dan prosesor | memori dan RAM | kamera | jaringan | baterai | kelebihan | kekurangan

Desain (132 x 67 x 8,9 mm )
Desain yang dimiliki oleh Nexian Journey sebenarnya hampir mirip dengan Evercoss One X, hanya saja perbedaan terlihat dari warna yang dimiliki pada bodinya, warna yang tersedia untuk backcovernya memiliki warna - warna cerah yaitu putih dan merah, akan tetapi untuk bagian depannya, warna yang diusung masih sama yaitu hitam. Sedangkan untuk desain dari smartphone ini memiliki bentuk dengan sudut lebih membulat dari pada desain dari Mito Impact A10 yang memiliki bentuk kotak. Dengan dimensin panjang 132 mm dan lebar 67 mm serta tebal 8,9 mm membuat smartphone ini terasa nyaman berada di dalam genggaman.

Untuk tampilan interfacenya ketiga tombol fisik berada di dalam layarnya pada bagian bawah, dan pada bagian atas layar terdapat speakerphone yang berada ditengah - tengah ditemani  dengan kamera depan yang berada tepat disamping kirinya.

Layar (IPS LCD Capacitive, 480 x 850 piksel)
Dengan menggunakan teknologi layar IPS LCD Capacitive touchscreen layanya mampu memberikan sudut pandang yang luas, layar sebesar 4,4 inci dengan kemampuan layarnya yang dapat menampilkan grafis dengan resolusi FWVGA 480 x 485 piksel dengan kerapatan piksel hingga 218 piksel per inci, gambar yang dihasilkan masih dirasa kurang. Jika layarnya ingin tetap terawat dengan baik, Anda harus menambahkan sendiri lapisan anti gores pada layarnya, karena layarnya belum dibekali dengan perlindungan layar.

Operasi Sistem dan Prosesor
Sama dengan kedua saudaranya, karena smartphone ini merupakanproduk dari Google yang merupakan pembuat Android, maka operasi sistem yang digunakannya pun sudah mengusung versi terbarunya yaitu Android Lollipop v5.1. Sedangkan untuk dapur pacu yang monompang seluruh kinerja dari smartphone ini, tersedia CPU Quad-core 1,3 GHz Cortex-A7 serta chipset Mediatek MTK6582, dan untuk urusan pengolahan grafis dikerjakan oleh GPU Mali 400MP2.

Memori dan RAM (8 GB internal, 1 GB RAM)
Untuk urasan ruang peyimpanan agar pengguna selalu cukup untuk menyimpan berbagai file yang dimiliki, tersedia ruang memori internal sebesar 8 GB, Anda juga bisa menambahkan pentimpanan eksternal berupa microSD hingga kapasitas 32 GB. Untuk menjalankan berbagai aplikasi yang sudah diinstal, tersedia RAM sebesar 1 GB yang bisa dimanfaatkan, namun tentunya RAM sebesar itu kurang jika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat seperti game HD.

Kamera (5 MP belakang, 2 MP depan)
Dipersenjatai dengan kamera 5 MP, Anda bisa mengabadikan momen dengan hasil foto yang memiliki resolusi sebesar 2592 x 1944 piksel, Anda juga dapat mengabadikan momen dengan merekam video dengan hasil video yang memili resolusi hingga 720 piksel dengan framemate 30 frmae per second. LED Flash juga tersedia untuk membantu penerangan ketika kondisi pencahayaan yang kurang saat memotret. Sedangkan untuk kamera depannya, Nexian Journey dipersenjatai dengan lensa sebesar 2 MP yang menghasilkan gambar yang tidak terlalu mengecewakan, cukup untuk sekedar dishare ke media sosial. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan video call.

Terdapat beberapa fitur yag bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto dan video seperti fitur Geo-tagging, autofocus, touch focus, panorama dan face detection.

Jaringan (Dual-SIM GSM/HSPA, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Radio)
Di sektor konektivitas tersedia slot Dual-SIM yang dapat digunakan untuk mengaktifkan dua SIM-card sekaligus secara bersamaan. Jika Anda berada di area Wi-Fi hospot, Anda bisa menghubungkannya untuk mendapatkan jaringan agar bisa mengakses internet menggukan jaringa Wi-Fi, namun jika Anda yang ingin berbagi jaringan dengan perangkat lain, Anda bisa mengaktifkan jaringan Wi-Fi Hospot. Dalam berbagi file dengan perangkat lain, Anda bisa gunakan jaringan Bluetooth v4.0 yang mampu mentransfer data lebih cepat denga konsumsi daya rendah.

Baterai (Li-Ion 1700 mAh)
Teknologi baterai yang digunakan untuk menompang seluruh daya menggunakan jenis Li-Ion dengan kapasitas baterai 1700 mAh. Terdapat juga fitur penghemat daya baterai yang diklaim mampu menghemat daya baterai hingga 90 menit lebih lama. Namun dengan kapasitas baterai sebesar itu, disarankan untuk Anda yang aktif menggunakan smartphone, untuk membawa power bank sebagai daya cadangan.

Kelebihan Nexian Journey

  • Menggunakan teknologi layar IPS LCD Capacitive
  • Menggunakan operasi sistem Android Lollipop v5.1
  • Prosesor Quad-core
  • Memori internal besar 
  • RAM lumayan
  • Kamera belakang 5 MP
  • Dual-SIM

Kekurangan Nexian Journey

  • Belum diberikan lapisan anti gores pada layarnya
  • Resolusi dan kerapatan layar kurang besar
  • Kapasitas baterai kurang besar
Dari keseluruhanya, jika dilihat smartphone ini memiliki spesifikasi yang pantas untuk kelasan harga sejutaan, apalagi ditambah dengan beberapa keunggulan di dalamnya. Beberapa kekurangan yang dimilikinya pun masih bisa diantisipasi semisal harus membelikan lapisan antigores karena belum layarnya masih belum dilengkapi lapisan anti gores. Maklum karena harga yang ditawarkan pada smartphone ini tergolong murah, kekurangan yang dimiliki pun terbilang wajar. Dengan membidik konsumen kelas menengah kebawah diharap smartphone ini mampu membantu seagian masyarakat yang masih belu bisa menikmati penggunaan smartphone. 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai spesifikasi Nexian Journey serta kelebihan dan kekurangannya, semoga informasi di atas dapat menjadi referensi untuk Anda.

Baca juga : Spesifikasi Samsung Galaxy Ace 4 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Post a Comment

0 Comments