Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus

Cara Mengamankan HP Android Dari Virus - Smartphone sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan saat ini, tidak hanya bisa digunakan untuk membantu melakukan komunikasi tetapi juga dapat digunakan untuk hiburan dan juga membantu pekerjaan seseorang. Bermain game untuk melepas kejenuhan ataupun sekedar melatih kratifitas bisa juga dilakukan pada smartphone yang saat ini sudah memiliki ribuan atau bahkan jutaan jenis game yang tersedia yang tinggal didownload sesuai keinginan. Melakukan sebuah pekerjaan pun menjadi lebih mudah akan hadirnya smartphone dan tidak hanya itu, sebuah informasi lebih mudah didapatkan tanpa harus menunggu waktu akses jaringan yang lama.

http://ho.lazada.co.id/SHFcMF

Smartphone sendiri memiliki berbagai jenis dan tipe dari masing - masing vendor, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan mana yang dapat dipermudah dengan menggunakan sebuah smartphone. Belum lagi sekarang ini banyak sekali vendor - vendor produksi smartphone daro luar negeri atau pun dari dalam negeri sendiri datang untuk menawarkan produk - produk smartphone mereka dengan harga yang murah dan ramah di kantong sesuai tingkat perekonomian di Indonesia. Hal semacam ini sangat memungkinkan masyarakat kelas menengah kebawah juga dapat memiliki sebuah smartphone.

Nah, si era meledaknya penggunaan smartphone yang semakin meningkat saat ini. Android merupakan operasi sistem yang paling gemari para pengguna smartphone saat ini, selain memberikan kemudahan navigasi dalam penggunaannya, pengguna juga dapat mengunduh berbagai aplikasi gratis dari AppStore yang memiliki berbagai jenis game dan aplikasi lainnya. Namun sebuah operasi sistem tentunya tidak luput dengan yang namanya virus. Apa jadinya jika smartphone Anda sudah terkena virus ? tentu jawabannya adalah smartphone Anda akan mengalami kinerja yang menurun entah itu dari sistem operasi atau bahkan dapat merusak hardware dari smartphone Anda, dan jika sudah seperrti itu Anda akan mulai sibuk untuk memperbaiki smartphone Anda dan meninggakan banyak momen yang bisa dilakukan dengan bantuan smartphone, tentu Anda tidak menginginkan hal smacam itu terjadi bukan ? Untuk itu Anda perlu mengamankan smartphone Anda dari virus agar kinerjanya tetap baik walau telah digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus


Lalu bagaimana cara mengamakan smartphone Android Anda dari serangan virus yang berbahaya ? Beberapa langkah dibawah ini bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan smartphone Anda agar terhindar dari serangan virus. Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak langsung di bawah ini.

1. Jangan Sembarangan Mendownload Sebuah Aplikasi
Penggunaan sebuah smartphone yang berbasis operasi sistem Android, pengguna tidak hanya dapat mengunduh berbagai aplikasi dari toko aplikasi yang dimiliki oleh Android itu sendiri yaitu Google Play Store melainkan juga dapat didownload melalui toko penyedia aplikasi lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa mendownload aplikasi dari toko penyedia aplikasi lainnya selain Google Play Store ada kemungkinan virus yang masuk ke smaerphone Anda ketika proses download dilakukan sedangkan jika Anda mendownload aplikasi melalui Google Play Store Anda akan mendapatkan sebuah aplikasi yang bebas dari serangan virus karena sebelumnya di telah dilakukan pemindaian virus terlebih dahulu saat Anda mulai mengunduh aplikasi tersebut sehingga Anda akan lebih aman dari virus jika Anda mengunduh aplikasi - aplikasi melalui Google Play Store.

2. Ketahui Spesifikasi Sebuah Aplikasi Yang Akan Di download
Sebuah aplikasi yang bagus adalah aplikasi yang memiliki rating dan respon yang baik dari penggunanya. Untuk itu sebelum Anda mulai mengunduh sebuah aplikasi sebaiknya Anda baca - baca terlebih dahulu komentar yang diberikan oleh user yang pernah menggunakan aplikasi tersebut serta lihat juga rating dari aplikasi tersebut. Sebaiknya jangan mengunduh aplikasi yang kurang populer yang memiliki rating kurang dari tiga.

3. Aktifkan Peringatan Instal Aplikasi
Ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, di dalam sebuah smartphone Android terdapat sebuah fitur yang bisa Anda gunakan untuk memberi sebuah peringatan jika Anda melakukan instalasi sebuah aplikasi dari tempat yang tidak diketahui dan dapat berpotensi menginfeksi virus pada smartphone. Sebaiknya Anda aktifkan saja fitur tersebut untuk lebih memberi perlindungan terhadap smartphone Anda dari serangan virus yang dapat menyebar saat proses penginstalan sebuha aplikasi yang usai di download.

4. Menginstal Aplikasi Anti virus
Berbagai aplikasi antivirus gratis dapat Anda temukan di Google Play Store seperti anti virus dari PC yaitu Avast, Avira, dan Mcafee kini sudah tersedia untuk penggunaan versi smarphone. Walaupun berbasis aplikasi gratis namun beberapa aplikasi tersebut sudah dirasa ampuh untuk melindungi dan mencegah smartphone Anda dari terinfeksinya virus.

5. Upgrade Operasi Sistem
Keluhan para pengguna smartphone berbasis operasi sistem Android mendapat tanggapann oleh pembuat dari Android itu sendiri yaitu Google sehingga membuat pihak Google terus melakukan peningkatan terhadap operasi sistem yang digunakan para konsumennya. Dengan terus dilakukan peningkatan operasi sistem oleh Google dapat meminimalisir terinfeksinya virus, oleh karena itu lakukanlah pembaharuan operasi sistem yang berjalan dismartphone Anda ke operasi sistem versi terbaru agar smartphone Anda tetap aman dari virus.

6. Pasang Password Pada Smartphone
Jika Anda merupakan seseorang yang suka teledor meletakkan smartphone Anda, sebaiknya Anda memasang sebuah password pada smartphone Anda karena takutnya ada teman atau saudara Anda yang sedang menggunakan smarphone Anda kemudian melakukan aktivitas yang dapat mengakibatkan smartphone Anda terinfeksi virus. Sebenarnya hal ini merupakan sebuah tindakan yang sederhana, namun wajib untuk dilakukan karena tidak hanya dapat mencegah virus masuk ke smartphone Anda karena penggunaan orang lain namun juga dapat melindungi data atau file pribadi Anda

Melindungi smartphone dari serangan virus merupakan pencegahan yang dapat dilakukan dengan bijak. Dengan terhindarnya sebuah smartphone dari serangan virus berarti juga memperpanjang umur sebuah smartphone itu sendiri, namun kebanyakn pengguna smartphone terlambat untuk melakukan pencegahan tersebut sehingga menimbulkan kekecewaan karena sudah terlanjur terinfeksi. Jika smartphone sudah terinfeksi virus sebaiknya segeralah melakukan perbaikan sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah seperti hilangnya berbagai file dan percakapan - percakapan penting dari media sosial. Untung saja pada media sosial Whats App terdapat fitur yang dapat menyalin percakapan - percakapan Anda ke Google Drive sehingga riwayat percakapan Anda akan aman walaupun sewaktu - waktu terjadi kerusakan pada smartphone Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca artikel kami yang berjudul Cara Memback Up Riwayat Percakapan Whats App Ke Google Drive

Post a Comment

0 Comments