Harga iPhone 5C Serta Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangannya

Di era persaingan pasar smartphone saat ini, vendor besar produksi smartphone yaitu Apple tetap banyak diminati para pecinta smartphone. Kabarnya, penjualan iPhone di negara Inggris masih tinggi. Salah satu produk yang masih digemari yaitu iPhone 5C. Smartphone ini pernah menjadi smartphone dengan penjualan terlaris di negar Inggris sepanjang bulan Agustus 2014. Seperti apakah jeroan iPhone 5C hingga begitu diminati. Berikut ulasan mengenai iPhone 5C yang dirilis pada bulan September 2013.

Harga Baru
Rp. 6.499.000 (16 GB)
Rp. 7.500.000 (32 GB)
Lihat harga terbaru di sini

Desain
Di kemas dengan panjang 11,52 mm, lebar 5,86 mm. Memiliki ketebalan sedikit lebih tebal di banding iPhone 5 yaitu 9 mm dan juga sedikit lebih berat dari iPhone 5 dengan berat 132 gram.

Dengan tetap mempertahankan layar sebesar 4 inci, desain seperti itu membuat iPhone 5C dapat dioperasikan dengan menggunakan satu tangan. Terdapat beberapa pilihan warna yang bisa dipilih yaitu putih, biru, hijau, kuning, dan merah muda.

Pada bagian atas dijumpai tombol Power, kemudian pindah di bagian samping kiri terdapat rombol Mute serta dua buah tombol volume yang berada di bawahnya, sedangkan di samping kanan dibiarkan polos. Di bagian bawah terdapat port 3,5 audio jack dan USB. Serta dua area lubang speaker yang menghimpit port USB.

Pada tampilan depan terdapat tombol Home di bawah layar dan kamera depan dengan speaker tepat dibawahnya berada di atas layar. Sedangkan di bagian belakang bagian atas dijumpai kamera dengan ditemani LED flas disebelahnya. Tak lupa logo khas Apple yang berada di area tengah.

Layar
iPhone 5C dibekali layar berjenis LED backlit IPS LCD dengan lebar layar 4 inci beresolusi 640 x 1136 piksel. Kemudian layarnya mempunyai kerapan piksel hingga 326 ppi (pixel per inch) dan mampu menampilkan gambar dengan 16 juta warna.

Operasi Sistem
Dengan berjalan pada sistem operasi iOS 7, tetapi masih bisa diupgrade pada iOS 7.1.2 dan iOS 8.1.2.

Prosesor dan Memori
Dipacu dengan CPU Dual-core 1,3 GHz serta chipset Apple A6, iPhone 5c sudah memberikan kepuasan dalam kinerjanya. Untuk pemrosesan grafisnya ditanamkan GPU PowerVR SGX 543MP3.

Di sisi penyimpanan internal tersedia 3 pilihan yaitu 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Tidak terdapat slot microSD untuk penyimpanan eksternal. Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi dengan kapasitas RAM sebesar 1 GB.

Kamera
iPhone dipersenjatai dengan kamera belakang berlensa 8 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 3264 x 2448 piksel  dan ditemani LED flash untuk tetap dapat mengambil gambar di kondisi penerangan yang kurang. Pada kamera depan mempunyai lensa 1,2 MP. Anda dapat mengambil gambar pada saat melakukan rekaman video berka fitur simultaneous HD video dan image recording. Ada beberapa fitur yang tersedia juga seperti fitur panorama, face/smile detection, dan Geo-tagging.

Untuk kegiatan rekaman, iPhone 5c mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p denga framemate 30 fps (frame per second) pada kamera belakang dan 720p dengan framemate 30 fps.

Fitur Unggulan
Tersedia beberapa fitur unggulan yang di benamkan pada iPhone 5C, diantaranya ada fitur accelerometer dan gryo yang memberikan kemudahan dalam mengoperasikan posisi layar secara otomatis. Kemudian ada jua fitur proximity yang berfungsi mematikan layar smartphone ketika smartphone didekatkan ketelingan saat melakukan panggilan sehingga dapat menghemat pemakaian baterai. Ada juga fitur Compass dan Maps.

Jaringan
Pada segi jaringan tersedia slot nanoSIM yang bisa digunakan untuk SIMcard GSM. Anda juga dapat berada di jaringan 4G LTE untuk browsing.

iPhone 5C menggunakan Wi-Fi a/b/g/n. Terdapat GPS dan Bluetooth v4.0 dengan A2DP yang memungkinkan kita mendengarkan musik menggunakan headphone wireless.

Port
Hanya terdapat dua buah port pada iPhone 5C yaitu port USB v2.0 dan port 3,5 audio jack.

Baterai
Didesain dengan baterai non-removable yang artinya bateai tidak bisa dilepas sendiri, dengan jenis Li-Po memiliki kapasitas daya sebesar 1510 mAh. iPhone dapat berada dalam mode standby hingga 250 jam di jaringan 3G dan 2G. Pengguna juga dapt melakukan panggilan hingga 10 jam di jaringan 3G dan memutar musik hingga 40 jam.

Kelebihan
  • Sudah 4G LTE
  • Terdapat sensor Gyro
  • Terdapat fitur Simultaneous HD vidoe and image
Kekurangan
  • Body didominasi dari material plastik
  • Tidak dilengkapi finggerprint
  • Kapasitas baterai kecil
  • Ukuran layar kecil

Post a Comment

0 Comments