Cara Memperbaiki Memori HP MicroSD Yang Rusak

Cara Memperbaiki Memori HP Yang Rusak - Storage Device atau media penyimpanan data merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpanan file - file berupa data dalam format apapun yang mempunyai kapasitas yang bervariasi. Media penyimpanan pada sebuah smartphone sendiri terdapat dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Untuk memori eksternal sebuah smartphone saat ini secara mayoritas masih menggunakan MicoSD. Peran sebuah MicroSD saat ini masih dirasa penting karena selain dapat digunakan untuk memback-up file - file yang dimiliki juga dapat memperluas ruang penyimpanan yang dimiliki sebuah smartphone.

Namun bagaimana jika sebuah MicroSD sudah mengalami kerusakan, tentu akan membuat kekecewaan di dalam hati karena mungkin banyak dari file - file penting yang belum sempat di back-up. Kerusakan pada MicroSD bukan merupakan hal yang baru bagi pengguna smartphone, banyak keluhan dari pengguna smartphone terhadap MicroSD mereka yang mulai rusak. Sebenarnya memperbaiki memori MicroSD yang rusak bisa dibilang susah-susah-gampang tergantung dari tingkat kerusakan yang dialaminya. Jika Anda mengalami hal seperti ini maka jangan panik terlebih dahulu agar Anda nantinya tidak salah langkah sehingga menimbulkan kerusakan yang lebih parah karena hal semacam ini sudah merupakan hal yang wajar yang dialami oleh pengguna handphone.

Cara Memperbaiki Memori HP MicroSD Yang Rusak
Gambar MicroSD


Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu hal - hal yang dapat menyebabkan sebuah MicroSD bisa rusak misalnya Anda sering memindah - mindahkan MicroSD dari satu HP ke HP yang lainnya, ini dapat menyebabkan tembaga pada terminal MicroSD (tembaga berwarna kuning) dapat tergores dan akibatnya MicroSD tidak terbaca dengan baik. Kemudian jika Anda menghubungkan MicroSD pada perangkat yang memiliki banyak virus hal ini juga dapat menyebabkan MicroSD menjadi rusak.

Walaupun MicroSD dapat diperbaiki, namun tidak semua jenis kerusakan dapat diperbaiki seperti MicroSD yang tertekuk, patah, berada pada tekanan suhu yang tinggi, dan konsleting itu sangat mustahil untuk dapat diperbaiki. Akan tetapi jika kerusakan pada microSD disebabkan karena rusaknya format data seperti musik, video, atau pun gambar masih ada kemungkinan MicroSD masih bisa diperbaiki. Berikut kami berikan beberapa cara memperbaiki MicroSD yang rusak menurut kerusakan yang dialami.

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca Atau Terhidden di Smartphone

Pernahkan Anda menemui kendala ketika Anda sudah meletakkan MicroSD di slot handphone tetapi MicroSD tidak terbaca di file manager,  MicroSD yang tidak terbaca oleh handphone biasanya menandakan bahwa MicroSD tersebut telah terinfeksi oleh virus, langkah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan pemindaiaan terhadap MicroSD dengan bantuan PC atau komputer, bersihkan MicroSD dengan antivirus yang dimiliki PC tersebut. Jika dirasa MicroSD sudah bersih dari virus maka Anda bisa memasangkan kembali MicroSD pada slot handphone.

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca Atau Terhidden di PC/Komputer

Ketika Anda hendak memback-up data yang ada di MicroSD namun ternyata file-file yang ada MicroSD tidak terbaca oleh PC atau terhidden, hal ini biasanya juga disebabkan oleh ulah virus yang ada di MicroSD tersebut, dan untuk menampilkan file - file yang ada di MicroSD tersebut Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut,

1. Buka CMD (Klik Start - Run - ketik CMD - Enter) di PC
2. Yang pertama Anda harus masuk terlebih dahulu ke device MiCroSD yang ingin diperbaiki, misalnya MicroSD Anda bernama "Smartphoneku" dan pada PC berada pada urutan huruf "(I:)" sehingga menjadi "smartphoneku (I:)", maka Anda ketik di CMD "I:" lalu enter (tanpa tanda kutip). Setelah itu Anda ketik "attrib /S /D *.* -s -r -h" lalu enter (tanpa tanda kutip). Tunngu hingga prosesnya selesai kemudian lihat kembali Device MicroSDnya.

Atau Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini,

1. Klik Kanan pada device MicroSD yang ingin di perbaiki
2. Pilih Properties - Tool - Klik check pada menu Error Checking, tunggu hingga prosesnya selesai kemudian lihat kembali Device MicroSDnya.

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca Sama Sekali di Smartphone atau PC

Jika Anda merupakan pengguna yang sering memindah - mindahkan MicroSD dari satu perangkat ke perangkat lainnya atau Anda terlalu lama mebiarkan MicroSD berada pada kondisi udara yang kurang bersih tanpa membungkusnya pada satu wadah yang tertutup hal ini dapat menimbulkan tembaga pada MicroSD menjadi kotor atau bisa saja sedikit berkarat jika Anda meletakkannya pada kondisi lingkungan yang lembab. Jika Anda menemui kendala seperti ini, langkah yang perlu Anda lakukan yaitu dengan membersihkan tembaga MicroSD tersebut, Anda bisa mengosok - gosokan sebuah penghapus pensil pada tembaganya atau Anda bisa mengosoknya dengan ampelas halus secara perlahan hingga tembaga MicroSD terlihat mengkilat yang menandakan sudah bersih. Setelah itu coba pasangkan kembali MicroSD, untuk memastikan apakah sudah bisa terbaca.

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Terhidden dan Tidak Bisa Dibersihkan Dengan Antivirus

Ini merupakan langkah terakhir untuk memperbaiki sebuah MicroSD yang rusak, jika Anda telah melakukan beberapa langkah di atas namun file pada MicroSD masih tetap tidak mau tampil, maka Anda perlu melakukan format pada MicroSD Anda, ini akan berisiko file Anda akan terhapus semua, namun MicroSD Anda akan bersih dari segala virus dan bisa difungsikan seperti semula. Untuk memformat MicroSD Anda bisa melakukannya melalui Smartphone atau pun melalui PC.

1. Cara memformat MicroSD melalui Smartphone
  • Masuk pada menu "Pengaturan"
  • Pilih "Penyimpanan"
  • Scroll ke bawah dan pilih "Format Kartu SD"
2 Cara memformat MicroSD melalui PC
  • Setelah Anda menghubungkan MicroSD ke PC, maka klik kanan pada Device MicroSD yang akan diformat
  • Pilih "Format" dan klik "Start"
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, setelah itu semua data pada MicroSD akan terhapus termasuk juga virus - virusnya dan MicroSD dapat digunakan seperti biasa.
Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki MicroSD Anda sesuai dengan tingkat kerusakannya, jika cara - cara di atas masih belum bisa membantu Anda untuk memperbaiki MicroSD Anda ada kemungkinan bahwa MicroSD tersebut sudah benar - benar rusak sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. Untuk itu agar menjaga MicroSD tetap bisa digunakan dengan baik jangan sembarangan menghubungkan microSD pada perangkat lain karena jika tidak hati - hati MicroSD Anda bisa terkena virus, dan apabila Anda tidak sedang menggunakan MicroSD pada perangkat sebaiknya simpan MicroSD pada wadah fakum dan bersih sehingga tidak membuat tembaga MicroSD berkarat atau kotor, dan yang terakhir untuk menjaga agar file - file yang ada di MicroSD tetap aman, maka jangan lupa untuk memback-up file - file baru tersebut secara rutin.

Baca Juga : Cara Mengurangi Ketergantungan Terhadap Smartphone

Oh ya, lagi discount nih di Lazada, Micro SD murah meriah. Buruan aja di comot sekarang.
 
Harga Micro SD By Lazada
Technology Blogs
Technology Blogs
# Gratis Ongkos Kirim

Post a Comment

0 Comments